7 Jenis Pengunjung Perpustakaan Yang Nggak Baca Buku

Nggak semua pengunjung perpustakaan itu nyari buku, belajar, kerja kelompok atau nyari skripsi buat di copy, ada banyak jenis pengguna perpustakaan yang sama sekali nggak ada hubungannya sama hal-hal yang udah disebutin barusan. Berdasarkan pengalaman kuliah selama 4 tahun dan observasi, gua coba jabarin 7 orang yang ke perpustakaan tapi nggak baca buku.

1. Si Nyari Wi-Fi

SUASANA-PERPUSTAKAAN-WIFI-ON-DAN-WIFI-OFF

Pengguna internet di Indonesia semakin meningkat, demi menghemat kuota paket internet di hp, kosan maupun rumah. Perpustakaan menjadi salah satu alternatif untuk mahasiswa dalam rangka mencari koneksi gratis, bahkan yang udah lulus pun juga nyari yang gratisan kok.

Dimana lagi kita bisa mendapatkan tempat yang nyaman, aman, tentram untuk ngenet seharian? daripada ngenet di kafe atau restoran sampai harus keluar modal, mending numpang aja deh di perpustakaan :v

Nah, makanya nih, kalau di perpustakaan tempat kamu kerja belum ada internetnya, buruan ajuin ke pimpinan, pasti pengunjungnya langsung membludak… wkwkwk

 

2. Si Pencari Lubang

COLOKANNYA PENUH

Kebutuhan pokok manusia modern kini bertambah dari 3 menjadi 4. Mulai dari Pangan, Papan dan Sandang, kini Cas-san juga masuk ke dalam salah satu kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa dilepaskan. Terutama dalam memenuhi kebutuhan listrik dari nyawa kedua manusia modern, yaitu smartphone, keberadaan colokan sangat lah penting.

Itu baru ngomongin smartphone, belum lagi kebutuhan elektronik para mahasiswa lainnya seperti laptop, tablet, kamera, hair dryer hingga catokan. Kebayang kan betapa penitngnya colokan segambreng di dalam perpustakaan?

 

3. Si Numpang Komputer

KOMPUTER PERPUSTAKAAN PENUH

Mungkin di zaman sekarang semua mahasiswa sudah punya komputer masing-masing, ya habis harga laptop netbook sekarang sudah cukup terjangkau bila dibandingkan dengan SPP kuliah zaman sekarang. Namun jangan salah, masih banyak orang-orang yang udah bawa laptop tapi tetep pengen pake komputer perpustakaan karena layarnya lebih gede, atau komputernya lebih kece. Contoh aja iMac perpustakaan UI. Ya habis kapan lagi bisa nyobain komputer bagus secara gratis tanpa ada peringatan billing? ya cuma di perpustakaan!

 

4. Si Numpang Ngadem

CUMA NUMPANG NGADEM

Kalau ini beneran pengalaman penulis, dulu waktu di FIB masih ada perpustakaan, sering banget nungguin jadwal kuliah yang masih lama dengan numpang ngadem di perpustakaan. Selain numpang ngadem, penulis juga suka tidur di beberapa spot strategis yang ada di perpustakaan.

Tapi sayangnya, karena di FIB sudah tidak ada perpus lagi, otomatis tempat tidur pindah ke ruang BEM dan DPM… wkwkwk

 

5. Si Berdua-an Aja

PACARAN DI PERPUSTAKAAN

Kalau yang ini tentunya sudah pasti bukan pengalaman penulis, karena selama kuliah dulu, saking sibuknya belajar, penulis sampai lupa cari pacar. Tapi berdasarkan observasi, perpustakaan juga bisa menjadi tempat yang kondusif untuk pdkt hingga pacaran. Contohnya si…. ya tidak perlu disebutkan lah namanya.

 

6. Si Nitipin Barang

LOKER PERPUSTAKAAN

Lagi-lagi ini pengalaman pribadi, sebagai mahasiswa ilmu perpustakaan, tentunya males banget kan bawa-bawa buku tebel kaya AACR atau DDC (meskipun DDC biasanya dipinjemin di perpus JIP). Nah, dari pada bikin berat, mending di taro di loker perpustakaan, habis itu kalau jam pelajaran kuliahnya udah mau mulai, ambil deh tuh barang!

 

7. Si Kesemsem Sama Pustakawan

PUSTAKAWAN CANTIKNggak jarang anak ilmu perpustakaan magang atau nyambi di perpustakaan dalam rangka PKL atau nambah uang jajan, udah rahasia umum juga kalau mahasiswa atau mahasiswi jip yang udah semester 5 ke atas suka magang di perpustakaan fakultas sebelah.

Nah ceritanya nih, temen dari fakultas sebelah pernah ada yang naksir sama kakak kelas yang waktu itu lagi magang, selanjutnya…. ya sudahlah, namanya juga mahasiswa nggak jelas, doi jadi rajin minjem buku di perpustakaan pas doi jaga, begitu juga balikin buku pas doi jaga. Nah, pas doi udah selesai nyambi, boro-boro minjem buku di perpus, masuk aja jarang…. wkwkwkwk

Advertisements

2 thoughts on “7 Jenis Pengunjung Perpustakaan Yang Nggak Baca Buku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s