Confirmed: Tidak ada Ekstensi Jurusan Ilmu Perpustakaan UI dari D3 ke S1

EKSTENSICukup banyak pengunjung blog yang nanya melalui email atau komentar di blog ini tentang ekstensi Jurusan Ilmu Perpustakaan dari D3 ke S1. “Mas, ada program ekstensi nggak sih dari D3 ke S1 Jurusan Ilmu Perpustakaan di UI?”

Berhubung saya nggak pernah cari tahu, saya nggak bisa jawab ya. Namun akhirnya hari ini tanggal 20 Mei 2013 tadi coba iseng-iseng dateng ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UI yang terletak di gedung BNI lama. Dari situ saya bisa bilang bahwa tidak ada program ekstensi jurusan Ilmu Perpustakaan untuk pemilik ijazah D3 ke S1. Duh terus nggak bisa dong lanjut S1 ilmu perpustakaan? Hmmm…. bisa kok simak beberapa solusi alternatif dibawah ini.

Solusinya gimana wan?

Ah, nggak ada solusi, cuma ada cara lain untuk mendapatkan gelar S1 Ilmu Perpustakaan UI tanpa harus kuliah selama 4 tahun. Bagi kamu yang sudah punya ijazah D3 Ilmu Perpustakaan UI atau lainnya bisa ikut Seleksi Masuk (SIMAK) UI untuk program sarjana reguler atau paralel. Di seleksi ini kamu nggak perlu bilang bahwa kamu sudah D3, karena kamu dianggap seperti lulusan SMA pada umumnya. Yang menjadi perbedaan ketika kamu masuk kuliah, mata kuliah yang sudah didapatkan dengan Ijazah D3 bisa melakukan transfer SKS. Sukur-sukur kalau mata kuliahnya banyak yang relevan dan menyisakan tinggal beberapa SKS saja lulusnya bisa jauh lebih cepat beberapa tahun. FYI di UI syarat kelulusan adalah 144 SKS. Jadi kalau IJazah D3 lama dianggap 60 SKS saja sudah hemat hampir 2 tahun kan? Memang masih jauh dibandingkan dengan program ekstensi yang sangat cepat hanya dalam waktu 1 tahun saja.

Alternatif ke-2 mungkin kamu bisa masuk ke program ekstensi lain yang ada di kampus UI. Ekstensi UI dibuka terbatas hanya untuk beberapa jurusan seperti Kesehatan Masyarkat, Ilmu Keperawatan, Teknik, Sistem Informasi, Manajemen, Akutansi, Ilmu Administrasi dan Linguistik. Untuk persyaratannya bisa langsung aja lihat di http://www.ui.ac.id/id/academic/page/ekstensi untuk lebih jelasnya sekaligus persyaratannya. Siapa tau aja lulusan D3 Jip bisa nyebrang ke ekstensi keperawatan (eh, jauh banget ya :D)….

Alternatif ke-3 mungkin kamu bisa cari-cari perguruan tinggi mana yang membuka program ekstensi D3 ke S1 Ilmu Perpustakaan selain UI. Menurut sepengetahuan saya via mbah Google, UNDIP buka tuh progra ekstensi Ilmu Perpustakaan. Kalau tertarik buruan deh daftar sebelum kehabisan!

Alternatif ke-4. Kalau misalnya peminat ekstensi Ilmu Perpustakaan cukup banyak, mungkin kalian bisa mengisi saran dan komentar di blog ini mengenai minat kalian mengikuti program ekstensi Jurusan Ilmu Perpustakaan UI. FYI blog ini dalam satu hari dikunjungi 500 visitor dan beberapa dosen Ilmu Perpustakaan UI ikut mantau… Kali aja gitu beberapa dosen ngelihat peminatnya cukup ramai dan Prodi JIP UI jadi berfikir untuk membuka Program Ekstensi. Dicoba nggak ada salahnya kan? Hehehe…. Tapi memang kalau peminatnya lebih dari yang dibayangkan, secara pribadi saya pasti ikut membantu mendesak prodi buat bikin program ekstensi kok. Hehehee…

Mungkin cuma itu saja yang bisa saya sampaikan di tulisan yang singkat ini. Jangan patah semangat ya teman-teman! InsyaAllah kalau niatnya baik untuk mencari ilmu pasti selalu ada jalan kok!

Regards,

Ridwan Hanif

Advertisements

10 thoughts on “Confirmed: Tidak ada Ekstensi Jurusan Ilmu Perpustakaan UI dari D3 ke S1

    1. zafauzi

      Sebenarnya banyak yg pengen alih jalur seantero nusantara ini tapi yg ada info yg terima alih jalur D3 ke S1 ilmu perpustakaan cm UNAIR dan UWK yg disurabaya. UNDIP, UIN JOGYA sdh tutup. Mohon dibuka dong JIP UI sekalian amal bwt Pustakawan Indonesia. UIN JKT ada yang terima alih jalur gag?

      Reply
  1. information specialist isn't geek.

    Katanya sih RESEARCH UNIVERSITY gak buka ekstensi, ya padahal information specialist ini kan yang bantu orang-orang mau research -__-“

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s