Monthly Archives: December 2010

Menginstall Senayan Library CMS Pada Local Host

Senayan library logoPada postingan sebelumnya saya sudah menyampaikan membuat website offline dengan menggunakan Drupal, sekarang giliran CMS khusus untuk Perustakaan yang akan saya jabarkan cara menginstallnya. Senayan adalah salah satu jenis CMS untuk perpustakaan yang paling terkenal di Indonesia karena lahir dan dikembangkan oleh putra bangsa. Software ini bisa di unduh gratis di website diknas.

Pertama sebelum kita mulai, silahkan download software XAMPP dan Senayan (klik link tersebut)

*Perhatikan sistem operasi komputer anda, Karena ada 2 versi XAMPP installer 32 bit dan 64 bit. Pastikan OS yang dipakai sesuai

Setelah kita sudah mendownload kedua file tersebut. Install XAMPP pada root C:/

Oke kita lanjutkan ke langkah berikutnya :

1. Ekstrak file senayan3-stable……tar.gz pada C://xampp/htdocs

2. Lalu rename folder yang sudah di ekstrak dengan nama yang kita inginkan, sebagai contoh saya gunakan nama “senayan” pada folder saya

3.  Masuk ke dalam folder yang baru saja kita ubah nama, cari file sysconfig.inc.php lalu klik kanan dengan open with notepad atau wordpad. lalu edit php config

define(‘DB_NAME’, ‘senayandb’);
define(‘DB_USERNAME’, ‘senayanuser’);
define(‘DB_PASSWORD’, ‘password_senayanuser’);

Ganti DB NAME, DB USERNAME dan DB PASSWORD dengan nama folder senayan kita. contoh :

define(‘DB_NAME’, ‘senayan’);
define(‘DB_USERNAME’, ‘senayan’);
define(‘DB_PASSWORD’, ‘senayan’);

lalu pilih save dan tutup notepad/wordpad

5. Langkah berikutnya buka browser internet anda lalu ketik http://localhost/phpmyadmin dan tekan enter setelahnya

6. Pada home di phpmySQL masukan nama folder pada kolom create new database (contoh = senayan), dan biarkan kolom sebelahnya bertuliskan Collation. Lalu klik “create”

7. Masuk ke dalam tab import, lalu pilih choose file, pada choose file masuk ke C:/xampp/htdocs/senayan/install pilih file senayan.sql. setelah itu klik “Go!”

8. Setelah itu masuk ke tab SQl dan masukan Query seperti berikut

GRANT ALL ON senayan.* ‘senayan’@’localhost’
INDENTIFIED BY ‘senayan’;
FLUSH PRIVILEGES

SQL Query Senayan

Perhaikan penulisan, karena jika salah karakter sql tidak akan bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya.

9. Setelah jadi buka tab baru pada browser dan masukan address berikut C://localhost/senayan.

10.  Pilih librarian login dan masukan username “admin” dan password “admin”

11. Pada halaman admin, kita akan diberitahukan bahwa mysqldump failure. Namun tidak perlu khawatir, failure ini terjadi karena kesalahan directory pada sysconfig.inc

12. Buka kembali sysconfig.inc dengan notepad, lalu pada

$sysconf[‘mysqldump’] = ‘/usr/bin/mysqldump’;

ubahlah menjadi

$sysconf[‘mysqldump’] = ‘/xampp/mysqldump/bin/mysqldump’;

lalu pilih save

Nah, senayan siap digunakan! Selamat mencoba, semoga bermanfaat 🙂

Advertisements

Membuat Website Pada Localhost Dengan Drupal

Drupal Logo

Untuk membuat website pada localhost (offline), kita membutuhkan 3 program pendukung yang harus sudah ada di dalam komputer kita. Yaitu :

1. Web server : Software yang menangani request HTTP. Jadi jika pada tab baru kita hanya menuliskan alamatnya, maka akan secara otomatis akan diarahkan pada awalan. Web server yang akan kita gunakan disini bernama “apache”.

2. RDBMS : Relation database management system (RDBMS), back end semua system informasi. Yang akan kita gunakan disini bernama MySQL

3. Programming language : Digunakan agar CMS dapat berkoneksi langsung dengan DBMS dengan bahasa yang sama, yang kita gunakan disini adalah bahasa pemograman PHP dengan CMS dari Drupal.

Untungnya ketiga program tersebut sudah masuk dalam paket program ketika kita mengekstrak hasil download dari program XAMPP. Jadi tidak perlu lagi mendownload dan menginstallnya satu persatu 😀

Nah, sekarang kita mulai tahapan membuat website :

1. Setelah kita memahami 3 software pendukung tersebut. Unduhlah software XAMPP (apache) dan Drupal.

*Perhatikan sistem operasi komputer anda, Karena ada 2 versi XAMPP installer 32 bit dan 64 bit. Pastikan OS yang dipakai sesuai

2.  Install XAMPP pada local disc (C:) Tanpa masuk ke dalam subfolder. Contoh C:\XAMPP

3. Buka C:\XAMPP\HTDOCS atau biasa disebut document root

4. Buat folder baru pada HTDOCS dan berikan nama dengan alamat yang kamu inginkan. Contoh  C:\XAMPP\HTDOCS\ilmuperpus . usahakan tanpa spasi dan huruf kecil, karena nama folder akan berpengaruh pada keberhasilan kita membuat website.

5. Extract file drupal yang kita download pada folder yang kita buat (C:\XAMPP\HTDOCS\ilmuperpus). Hasil download akan berbentuk .rar. Pada Winrar akan terbukan file drupal-6.20.tar, klik 2x file .tar,setelah itu akan terbuka window winrar baru dengan hasil ekstrak dari .tar. Setelah itu barulah ekstrak folder drupal-6.20 pada winrar ke C:\XAMPP\HTDOCS\namafolder

6. Setelah di ekstrak, copy file default.settings.php pada C:\XAMPP\HTDOCS\namafolder\drupal-6.20\sites\default\default.settings.php

7. Setelah itu paste di dalam folder tersebut (di dalam default). dan ubah nama folder dari default.settings.php menjadi settings.php

8. Pada folder default (masih di folder yang sama) buatlah folder baru yang bernama files

9. Kembali ke halaman C:\XAMPP. cari file bernama xampp_start.exe dan klik 2x hingga muncul window DOS, jangan di close. Nanti dengan otomatis akan menghilang dengan sendirinya.

10. Buka browser internet kesukaan kamu. lalu pada address ketik http://localhost/nama folder yang tadi dibuat. Contoh http://localhost/ilmuperpus maka akan keluar tampilan seperti ini

Tampilan drupal berhasil

Jika tidak keluar tampilan seperti ini silahkan cek & ricek lagi apakah tahap sebelumnya ada yang salah

11. Bukalah folder Drupal-6.20 yang ada di dalam tampilan browser

12. Setelah masuk maka akan masuk ke dalam tampilan menginstall drupal. Pilih install dalam bahasa inggris. Lalu isi database username, database name dan password. usahakan database username dan database name disamakan agar mudah dihafal. Setelah itu biarkan saja, jangan klik save & continue dahulu dan ikuti langkah dibawah

13. Buka tab baru pada browser, ketik pada address http://localhost/phpmyadmin

14. Pada home di phpmySQL masukan nama folder pada kolom create new database (contoh = ilmuperpus), dan biarkan kolom sebelahnya bertuliskan Collation. Lalu klik “create”

15. Pilih tab SQL pada halaman phpMyAdmin. lalu ketik seperti yang saya ketik dibawah ini

GRANT ALL ON ilmuperpus.* TO ‘ilmuperpus’@’localhost’
IDENTIFIED BY ‘password databse kamu’;
FLUSH PRIVILEGES;

contoh :

SQL jadi

* kata ‘testestes’ adalah password yang saya masukan pada database password di drupal

** di bagian ini perhatikan betul tulisan anda, karena pasti akan gagal jika tulisan anda salah

16.  Kembali ke tab Drupal (tab sebelumnya) dan klik “save & continue” lalu tunggu beberapa menit hingga drupal benar-benar terinstall di dalamnya.

17. Setelah itu isilah nama website, password, email kamu, username dan perihal lainnya. Saran saya server setting pilih disabled in clean URL’s, karena nanti akan susah diedit URLnya, dan jangan centang tanda update notification. Setelah itu klik “save & continue”

18.  Website localhost kamu sudah siap untuk digunakan. Selamat mencoba!

*** Drupal yang saya gunakan pada contoh versi 6.20

*Note : kalau ada peringatan failed to connect mail to localhost biarkan saja. Karena memang website ini offline, drupal tidak bisa mengirimkan email username dan password kita untuk notifikasi penciptaan website.

Jurusan Ilmu Perpustakaan Juara Umum Petang Kreatif 2010!

Juara Petang Kreatif 2010 (PK) jurusan ilmu perpustakaan

Sabtu, tanggal 11 Desember 2010 di FIB UI berlangsung suatu ajang bergengsi yang menjadi ajang unjuk kebolehan antar jurusan dalam rangkaian acara Festival Boedaya yang bernama Petang Kreatif atau biasa disebut PK. Petang Kreatif diadakan sekali setiap tahunnya. Konten petang kreatid merupakan kompetisi drama yang dimainkan oleh mahasiswa baru di tiap jurusan yang telah dibimbing dan dibantu oleh senior-senior mereka. Di Petang Kreatif kali ini jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi FIB UI meraih juara umum sekaligus menjadi juara 1 dalam kompetisi teater Petang Kreatif 2010. Selain menjadi juara 1 dan juara umum. JIP FIB UI juga menyabet nominasi-nominasi lainnya seperti Best Lighting, Costume, Music dan tata panggung Sehingga pada malam yang sangat meriah itu JIP mendapatkan 5 piala sekaligus dan kebanggaan yang luar biasa tak terbantahkan.

Selamat ya untuk Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi yang telah menggondol piala dalam petang kreatif 2010! Tetap pertahankan dan terus berkembang di tahun-tahun berikutnya!

Tips Jitu Menghadapi UAS

“Artikel ini ditujukan untuk teman-teman yang akan menghadapi UAS

semoga sukses!”

Gambar stress saat ujian

Setelah kuliah selama satu semester, kelulusan kita umumnya ditentukan oleh ujian akhir semester selama satu atau dua jam. Sebetulnya sih sepertinya tidak adil, namun apa daya kita tidak dapat merubahnya dan harus menghadapinya. Gambar konyol diatas mungkin mewakilkan betapa stressnya mahasiswa atau pelajar SMP/SMA  menghadapi UAS. Makanya boleh dong kalau kita sama-sama berbagi tips-tips jitu yang sering digunakan menjelang ujian. Disini gua akan berbagi sedikit tips yang pernah gua pake sebelum menghadapi ujian.

1. Malu Bertanya Sesat Di Jalan
Nyontek? Bukann!! Pengalaman gua justru karena nyontek seringkali jawab pilihan ganda yang udah kita yakini malah jadi salah. Maksud dari bertanya disini ialah jangan ragu bertanya kepada guru atau dosen pengajar tentang materi apa saja yang akan diujikan di ujian nanti. Pengalaman gua biasanya mereka memberi tahu materi, bab-bab yang akan keluar nanti di lembar pertanyaan ujian. tetapi kadang ada juga dosen atau guru yang enggan memberi tahu bahkan menjawabnya dengan lelucon yang bikin kita malu. Hehehe. Tapi nggak ada salahnya kan kita bertanya bagaimana soal yang akan diujikan agar saat belajar kita bisa pelajari benar-benar apa saja yang akan diujikan nanti?

2. Pelajari Soal Terdahulu
Buat mata kuliah atau mata pelajaran tertentu, beberapa dosen/guru ada yang malas untuk membuat soal baru. Jadi kita bisa bertanya apa sih soal-soal yang akan dijukan diujian nanti kepada kelas lain yang ujiannya lebih dulu dari kelas kita atau soal-soal dari tahun terdahulu yang bisa kita dapatkan dari kakak kelas kita. Walaupun soal tersebut tidak bisa menjadi acuan buat kita belajar. Namun jika kita beruntung soal yang diujikan terdahulu sering kali memiliki banyak persamaan dengan soal yang akan diujikan nanti loh!

3. Stop Cramming! Susun Rencana Belajar!
Kebiasaan nih pelajar zaman sekarang karena banyaknya kegiatan di sekolah atau kampus jadi nggak punya waktu buat belajar hingga akhirnya baru inget besok ujian terpaksa harus cramming. Oh iya, buat yang nggak tau apa itu cramming, cramming itu isitilah baru dalam bahasa inggris untuk belajar semalaman suntuk sebelum ujian. Kalau bahasa di belakang pantat truk bisa dibilang “Begandang demi tugas” Hahaha… Tapi dari artikel yang gua dapet di mata kuliahMPK Bahasa Inggris, justru cramming malah berbahaya untuk daya ingat kita saat ujian. Karena kondisi otak kita saat bergadang dan belajar dalam kondisi yang penat ditambah panik, justru otak kita lelah dan tidak sanggup menerima pelajaran yang kita pelajari untuk persiapan ujian besoknya. Idealnya otak manusia dapat menerima pelajaran saat kondisi tenang dan gelombang otak yang rendah.

Bagaimana cara memperoleh kondisi maksimal otak menerima pelajaran? Caranya gampang. Pada saat malam hari jangan tidur terlalu malam dan sebaiknya sebelum tidur melakukan hal yang menyenangkan seperti menonton film komedi, main game atau lakukan kegiatan yang tidak membuat stress agar saat tidur kita tidak gelisah karena memikirkan ujian besok. Besoknya bangunlah di pagi hari sekitar jam 3 menjelang 4 subuh dan mulailah belajar. Biasanya saya melakukan hal tersebut karena yang gua rasakan cara tersebut lebih cepat menyerap pelajaran dibanding cramming. Juga cara seperti ini membuat kita lebih segar pada saat ujian. Jangan lupa sarapan nasi dan lauk bergizi agar kita benar-benar siap untuk ujian di pagi hari.

Jika kalian punya rencana sendiri untuk belajar, silahkan digunakan dan direncanakan sebelum ujian agar kalian benar-benar siap menghadapi ujian.

4. Latihan Terus Menerus
Pada dasarnya memang kita semua harus belajar terus menerus, jangan hanya ketika akan ujian saja kita baru belajar. Untuk pelajaran bahasa, book based test seperti mata kuliah klasifikasi menggunakan DDC, hal ini tidak bisa kita pelajari instan. Sebaiknya gunakan waktu untuk mencicil ingatan kita dalam pelajaran tersebut di pagi hari selama 30 menit atau lebih agar terpatri di otak kita.

Nah, sekedar saran dari yang biasa gua lakukan. Biasanya gua suka sedikit nyolong-nyolong belajar sekitar 10-15 menit di perjalanan seperti di Bis, Kereta, atau saat naik kendaraan lainnya. Mungkin bagi beberapa orang belajar di mobil itu bikin pusing karena guncangannya. Nggak ada salahnya kan kalau pelajarannya itu kita rekan di HP kita agar bisa diulang-ulang saat naik kendaraan?

5. Buatlah Catatan Raksasa Yang Ditempel Di Dinding
Ini cara yang gua dapatkan dari guru kimia gua kelas 1 dan kelas 3 SMA yang bernama Pak Edison Nainggolan. Beliau pernah bercerita kepada kami di kelas bahwa ia selalu menuliskan kertas-kertas bekas dengan rumus-rumus matematika, fisika, kimia dll di setiap sudut rumahnya demi anak-anaknya agar mereka bisa hafal rumus karena terbiasa melihatnya dirumah, bukan karena sengaja menghafal.  Dan hebatnya karena cara tersebut, anak-anak Pak Edison menjadi orang-orang yang sukses diterima di perguruan tinggi negeri yaitu uniersitas nomor satu di Indonesia yaitu Universitas Indonesia. Cara ini juga gua gunakan selama 2 bulan mejelang ujian yang menghantarkan gua menjadi mahasiswa JIP UI.

Sekarang karena gua jarang banget ada dirumah, gua udah hampir nggak pernah lagi pakai cara ini, padahal sangat efektif. Tapi pada windows 7 ada aplikasi yang bernama sticky notes yang berupa notes-notes kecil lucu nangkring di desktop komputer kita. Saran saya gunakan sticky notes untuk menggantikan kertas bekas yang menempel di dinding untuk mahasiswa DJARUM SUPER alias DJArang diRUMah SUka PERgi! Hahaha

Sekarang mungkin segini dulu tulisannya, nanti saya update lagi di lain waktu. Semoga bermanfaat 🙂

QR Code : Sejarah, Definisi, Cara Membaca dan Membuatnya

QR Code blognya ilmu perpustakaanHayo coba tebak gambar apa di samping ini? Kalau belum tahu gengsi dong! Hahaha. Gambar disamping itu sebetulnya bukan gambar, melainkan kode yang berisi data alfanumerik yang dapat dibaca oleh kamera, bahkan handphone berkamera biasa dan alat pembaca lainnya. Kode ini populer dengan nama QR Code sedangkan kata QR sendiri adalah singkatan dari kata “Quick Response” karena memang QR code jika dibaca di tempat yang jelas akan cepat dibaca oleh alat pembaca QR Code.

QR Code ini adalah perkembangan code termutakhir dalam penyampaian data, Kalau di supermarket kita pernah lihat barcode, fungsinya tidak lain sama seperti barcode, hanya saja barcode masih mempunyai beberapa keterbatasan seperti tidak dapat memuat kode berbentuk huruf dan symbol, tidak dapat menampung data yang banyak dan sulit dibaca oleh kamera. Sedangkan pada QR code kedua masalah krusial tersebut dapat diatasi sebagai penyampai data yang mutakhir. Yang membedakannya lagi dengan barcode, QR code ini berbentuk 2 dimensi, tidak 1 dimensi yang dibaca memanjang seperti halnya pada barcode.

QR Code ini ditemukan pertama kali oleh anak perusahaan manufaktur besar jepang yang bernama Denso Wave yang dipublikasikan pada tahun 1994. Tidak diduga karena kecepatan membaca dan akurasi yang tinggi, QR code sangat berkembang di daerah Timur Tengah dan Eropa walaupun tidak sepopuler di negeri asalnya Jepang.

Jika teman-teman memiliki HP berkamera sangatlah mudah untuk membacanya. Software pembaca QR code untuk HP ada banyak sekali seperti Nokia reader, Kaywa reader, Dakodei-nigma reader, Lynkee reader dan banyak lagi. (Kalau ingin download langsung aja klik linknya). Saran saya lebih baik doenload i-nigma reader, karena i-nigma otomatis mendeteksi kelayakan handphone anda untuk mengunakan QR Code.

Sekarang bagaimana nih cara membuatnya? Caranya gampang sekali karena di internet kita dapat menemukan berbagai macam QR code generator. Yang paling terkenal saat ini adalah generator QR code buatan website kaywa. Tapi kalau dari pribadi saya sendiri saya lebih senang menggunakan QR code generator buatan ZXing Project karena banyak pilihan opsi pembuatan QR Code berdasarkan geografis, link website, SMS, Nomor telepon, Informasi tanggal hingga membuat kartu nama menggunakan QR Code! Keren kan? Nah, buat teman-teman yang ingin mencoba menggunakan QR code langsung saja bisa dicoba dengan software generator dan pembacanya yang sudah saya sediakan. Semoga bermanfaat