7 Reaksi Orang Ketika Tahu Kamu Mahasiswa Ilmu Perpustakaan

Sebagai jurusan yang anti mainstream, tentunya ketika ditanya “dulu kuliah ambil apa?” pasti ada aja reaksi-reaksi yang tidak umum dari si penanya, dan nggak sekali si penanya ngebuat kita down atau malah nyinyir karena jurusan yang kita ambil kan anti mainstream abis. Hahaha….

Nah berdasarkan pengalaman penulis, saya akan coba urutkan gimana reaksi orang ketika tahu kalau saya adalah mahasiswa Ilmu Perpustakaan mulai dari yang paling sering hingga yang paling jarang.

1. “Ooohh…..” *kemudian hening*

kemudian hening meme

Reaksi ini gua tempatin di nominasi paling atas, soalnya sering banget lawan bicara pas kita bilang kalau kita dulu kuliah di jurusan ilmu perpustakaan, tiba-tiba lawan bicara langsung “oohhh….” dan kemudian hening. Mungkin mereka bingung mau nanggepinnya apa, atau mungkin mereka berpikir sejenak, atau mungkin juga ketika mereka udah excited tau kita kuliah di UI, tiba-tiba mendadak loyo pas tau kita dari jurusan ilmu perpustakaan…. Jiahh…..

Tapi positive thinking aja, kalau sebenarnya ketika percakapan menjadi hening, mungkin dia sedang terkagum-kagum sama kita yang ambil jurusan kuliah anti mainstream.

 

2. Jurusan apaan tuh?

jurusan apaan tuh

Nah di posisi kedua, kata “jurusan apaan tuh?” mungkin layak mendapatkan nominasi ini. Banyak orang yang bingung ketika tau ada jurusan ilmu perpustakaan. Bahkan orang-orang tua temen gua yang umurnya udah 50 tahun keatas, ketika mereka tau gua kuliah di jurusan ini, nggak jarang gua denger mereka nanya hal seperti ini, nah dari sini lah kita harus pinter cuap-cuap agar mereka terkesan sama jurusan yang kita geluti selama kuliah, terutama kalau yang nanya calon mertua, kamu mesti jago ngibul-ngibul dikit kayaknya biar mereka terkesan… wkwkwk

 

3. Hah, ada ya jurusan itu?

meme jurusan kuliah langka

Ya jelas ada dong, lah kalau nggak ada nggak mungkin kan bilang kita kuliah di jurusan tersebut. Nah, pertanyaan ini sebenarnya pertanyaan paling nggak masuk akal meskipun sering banget orang-orang menanyakan bahwa “ada ya?”. Permasalahannya kita kan nggak mungkin bilang “nggak ada” atau penolakan yang lainnya. Duh jadi emosi sendiri… wkwkwk

Tapi wajar aja sih mereka menanyakan kembali tentang eksistensi akan sesuatu dari apa yang sudah kita kemukakan. Ini adalah sifat alamiah manusia yang secara tidak sadar kita juga kadang-kadang menanyakan hal yang sama…. Ah sudahlah :p

 

4. Ilmu Perpustakaan? Itu belajarnya ngapain aja?

belajar ngapain aja

“Kuliah di ilmu perpustakaan?  Itu belajarnya ngapain aja?”, nah untuk pertanyaan seperti ini, kita membutuhkan intelejensia tingkat lanjut dan pemahaman yang lebih dalam. Umumnya yang bisa menjelaskan secara spesifik dan baik tentang apa yang kita pelajari di jurusan ini adalah mahasiswa yang sudah mengenyam lebih dari 4 semester di ilmu perpustakaan atau mungkin mereka yang sudah mengenyam kuliah lebih dari 4 tahun karena saking betahnya kuliah. Hehehe…

 

5. Baru denger, jurusan baru ya?

meme batman nampar

Kalau kita ngomongin usia, jurusan ilmu perpustakaan ini tergolong cukup lama sebenarnya, bahkan jurusan ini sebenarnya sudah dirintis sejak 63 tahun silam.

Cikal bakal dari jurusan ilmu perpustakaan dimulai dari tahun 1952 dengan adanya kursus pendidikan pegawai perpustakaan di tanggal 20 Oktober 1952. Pendidikan ini terbit atas surat keputusan menteri di tahun tersebut. Untuk menjadi serorang pustakawan, kita harus menempuh kursus pendidikan pegawai perpustakaan selama 2 tahun. Hingga akhirnya di tahun 1961 Universitas Indonesia yang berada di Salemba pada saat itu membuat jurusan baru dengan nama Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia dibawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pada tahun 1963, barulah JIP UI bergabung dengan Fakultas Sastra UI sebelum kemudian menjadi FIB UI di tahun… eits, silahkan Googling sendiri :p wkwkwk….

 

6. Oh, lo anak JIP…. Kenal si….

meme kenal mantan

Kabar baiknya, tidak semua orang nggak tahu loh tentang jurusan kita. Kebanyakan orang-orang yang tahu keberadaan jurusan kita ini adalah alumni UI dari jurusan lain atau salah satu teman, keluarga, saudara atau mantan mereka ada yang berkuliah di jurusan ini. Ya… setidaknya mereka tahu lah…. huehehee

 

7. Hoo… Gpp lah yang penting UI *pfftt..*

meme nangis

Punya sobat karib seringkali menjadi backfire untuk ngatain kita, waktu pertama kali masuk Ilmu Perpustakaan, nggak sedikit temen-temen ngeselin yang bilang “hoo.. gpplah yang penting UI”. Kampret emang, kesannya buangan banget ya… wkwkwk…

Padahal nggak juga loh, meskipun anti mainstream dan terdengar culun, sebenarnya Ilmu Perpustakaan UI sempat masuk ke 5 besar jurusan terfavorit di FIB UI berdasarkan passing grade SIMAK UI, bahkan waktu itu sempat masuk ke urutan 3 besar dibawah sastra Inggris dan Jepang (lihat artikelnya disini). Jadi seharusnya jurusan kita itu cukup bergengsi di UI meskipun anti mainstream.

Nah terakhir, kalau kamu pengen tahu lagi cara menjelaskan apa itu jurusan ilmu perputakaan dan apa yang kita pelajari kepada orang-orang awam termasuk cara membuat mereka terkesan dengan apa yang kita pelajari, kamu bisa simak juga 2 artikel dibawah ini.

pengenalan : Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia

Tanya jawab seputar ilmu perpustakaan

Advertisements

6 thoughts on “7 Reaksi Orang Ketika Tahu Kamu Mahasiswa Ilmu Perpustakaan

  1. Aulia

    “Jurusan apa kuliahnya?”
    “Ilmu Perpustakaan.”
    “Belajar tentang apaan tuh? Nata buku ya? Ntar kalo lulus jadi apaan? Tukang jaga buku ya?”
    *ngasah pisau*

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s