Cara Membuat PT Murah Untuk Mahasiswa Kere!

Buat PT mahal! Nggak juga tuh, saya sudah mencoba membuktikannya dengan modal kurang dari 10 juta sudah dapat membuat PT sendiri. Padahal pertamanya juga agak ragu akan berhasil atau tidak, ternyata alhamdulillah bisa juga tuh meskipun lama dan sulit (Namanya juga usaha!)

Continue reading

Advertisements

Untuk Perpustakaan Lebih Baik Pakai RFID atau Barcode ya?

Perpustakaan sekarang pastinya harus modern dong, ya minimal ada katalog digitalnya, setelah ada katalog digital pun ternyata tidak cukup, untuk mempercepat sirkulasi koleksi sekaligus mempermudah pustakawan, diperlukan sistem identifikasi digital agar tidak perlu menginput data satu persatu. Dewasa ini kita diperkenalkan dengan barcode system dan RFID.

Continue reading

Apa Bedanya Preservasi, Konservasi dan Restorasi

Dalam salah satu mata kuliah Ilmu Perpustakaan di UI, ada salah satu mata kuliah yang cukup menarik namanya “Preservasi dan Konservasi”. Mata kuliah ini mempelajari tentang cara menjaga, merawat, dan memperbaiki arsip atau koleksi perpustakaan agar tidak rusak dan musnah. Yap, tau sendiri kan banyak banget koleksi naskah-naskah dan arsip kuno di Indonesia. Di mata kuliah ini semua mahasiswa juga berkesempatan buat jalan2 ke ANRI untuk mengetahui proses restorasi disana, keren!
Continue reading

Ngintip Yuk Passing Grade FIB UI Tahun Ini

kemungkinan masuk JIP UIHasil SNMPTN baru saja diumumkan, sebelumnya mau ngucapin dulu nih buat teman-teman pembaca yang lolos ujian SNMPTN favoritnya ya.

Agak telat sih, tapi gpp dibanding tidak sama sekali, Kali ini gue mau coba menganalisis (caelah analisis) passing grade untuk masuk ke jurusan-jurusan yang ada di FIB UI.

Continue reading

Confirmed: Tidak ada Ekstensi Jurusan Ilmu Perpustakaan UI dari D3 ke S1

EKSTENSICukup banyak pengunjung blog yang nanya melalui email atau komentar di blog ini tentang ekstensi Jurusan Ilmu Perpustakaan dari D3 ke S1. “Mas, ada program ekstensi nggak sih dari D3 ke S1 Jurusan Ilmu Perpustakaan di UI?”

Berhubung saya nggak pernah cari tahu, saya nggak bisa jawab ya. Namun akhirnya hari ini tanggal 20 Mei 2013 tadi coba iseng-iseng dateng ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UI yang terletak di gedung BNI lama. Dari situ saya bisa bilang bahwa tidak ada program ekstensi jurusan Ilmu Perpustakaan untuk pemilik ijazah D3 ke S1. Duh terus nggak bisa dong lanjut S1 ilmu perpustakaan? Hmmm…. bisa kok simak beberapa solusi alternatif dibawah ini.

Continue reading

Kenangan di Perpustakaan Britsih Council Jakarta Yang Asyik

s widjojo british council

S Widjojo Center : Dulu British Council Library Disini nih!

Mungkin sudah takdir ya, kecil di perpustakaan dan besar di perpustakaan. Itulah hidup gua yang selalu akrab dengan perpustakaan.

Continue reading

Download e-DDC 23 Gratis : Nih DDC 23 Elektronik terbaru!

ddc 23 price

Ternyata mas Rotmianto sang pembuat e-DDC mampir di blog ini dan berkomentar “Agan, sudah ada versi terbaru: e-DDC Edition 23, terima kasih telah ikut menyebarkan e-DDC”. Yawes langsung saya kabur ke TKP deh buat download, yeay!

Continue reading