Ngintip Yuk Passing Grade FIB UI Tahun Ini

kemungkinan masuk JIP UIHasil SNMPTN baru saja diumumkan, sebelumnya mau ngucapin dulu nih buat teman-teman pembaca yang lolos ujian SNMPTN favoritnya ya.

Agak telat sih, tapi gpp dibanding tidak sama sekali, Kali ini gue mau coba menganalisis (caelah analisis) passing grade untuk masuk ke jurusan-jurusan yang ada di FIB UI.

Nah dibawah ini kan terdapat jumlah peminat dan daya tampung. Perlu diketahui jumlah peminat adalah jumlah calon mahasiswa yang mendaftar di program studi tersebut pada tahun 2012, sedangkan daya tampung ialah jumlah mahasiswa yang akan diterima melalui jalur SNMPTN di tahun 2013 ini. Dari peminat dan daya tampung lalu akan dibagi keduanya menjadi persentase kemungkinan masuk mahasiswa ketika melakukan tes. Nah, ini sudah saya urutkan mulai dari persentase terendah hingga tertinggi pada tabel dibawah ini.

Jurusan  Peminat Daya tampung Persentase
Sastra Inggris 1234 18 1.459%
Sastra Korea 627 12 1.914%
Sastra Jepang 742 15 2.022%
Ilmu Perpustakaan 538 12 2.230%
Sastra Prancis 384 12 3.125%
Sastra Cina 352 12 3.409%
Sastra Jerman 504 18 3.571%
Sastra Arab 393 15 3.817%
Sastra Belanda 372 15 4.032%
Sastra Indonesia 463 21 4.536%
Arkeologi 234 12 5.128%
Ilmu sejarah 323 18 5.573%
Ilmu Filsafat 211 15 7.109%
Sastra Rusia 194 14 7.216%
Sastra Jawa 154 21 13.636%

Kita mulai dari Ilmu Perpustakaan ya, kali ini Ilmu Perpustakaan mendapatkan raking ke-4 dari segi  persentase masuk melalui SNMPTN dengan jumlah persentase 2.230%. Sedangkan dari jumlah peminat juga masuk ke dalam peringkat ke-4 dengan jumlah peminat sebanyak 538 peminat. FYI tahun lalu peminatnya juga sekitar 500-an. Jadi bisa dibilang tidak ada kenaikan passing grade untuk ilmu perpustakaan. Duh kurang promosi nih!

Yang paling cetar ada pada Sastra Korea dengan persentase dibawah 2% atau lebih kecil dibandingkan Sastra Jepang. Wuss… tahun ini merupakan tahun pertama dimana persentase Sastra Korea bisa menyalip sastra Jepang setelah bertahun-tahun berada di posisi ketiga dan keempat. Mungkin ini karena banyaknya film, boyband, girlband dan produk-produk korea yang sedang menjamur di kalangan remaja. Hehehe…  Meskipun persentase lebih rendah, peminat Sastra Jepang masih lebih tinggi dibandingkan dengan Sastra Korea terpaut sekitar 115 peminat.

Sastra Inggris masih hingga saat ini masih memegang rekor jumlah peminat terbanyak dari tahun ke tahun dengan angka yang lebih dari 1.000 peminat. Nah buat yang pengen tahu lebih lanjut tentang jumlah peminat dan daya tampung bisa langsung ke sini. Nah untuk persentasenya silahkan buat sendiri di Microsoft Excel.

Oh iya satu lagi, sebelum masuk ke sebuah jurusan pastikan kamu sudah siap untuk belajar dan tahu prospeknya ya. Masuk kuliah itu bukan sekedar masuk saja, karena bisa masuk itu hanya sebuah awal dari perjuangan kalian. Nggak sedikit anak-anak UI yang berguguran setelah masuk lantaran masalah akademik. So, persiapkanlah dirimu untuk belajar. Oke?

Klik disini untuk masuk ke websiteMajalah Otomotif Online Klik disini untuk masuk ke website Sewa Mobil Jakarta

Klik disini untuk follow twitter ridwanhr

Advertisements

9 thoughts on “Ngintip Yuk Passing Grade FIB UI Tahun Ini

  1. Dimas Prasetyo Muharam

    ternyata peminat Sastra Inggris segitu doank ya? kayaknya lebih asik dibuat jalur satu pintu seperti SPMB. jadi semua siswa punya kesempatan sama. di SNMPTN kan jalur nontest, jadi koefisien sekolah juga diperhitungkan. Akan sulit siswa yang mungkin berpotensi tapi sekolah di SMA kurang bonafit bisa masuk ke PTN2 top. kalo via jalur test kan asal sekolah ga jadi soal. ya, kecuali kalo semua SMA sudah gratis dan ga ada lagi yang bertarif internasional, mungkin sistem nontest bisa diterapkan. karena siswa yang ekonomi bawah pun bisa masuk sekolah elit tanpa takut ga bisa bayar.

    Reply
  2. Nadya

    mau tanya dong, waktu itu masuk ilmu perpus lewat snmptn/ujian mandiri? kira2 kalau ikut ujian mandiri ui/univ lain buat jurusan ilmu perpus yg bakal di test seputar apa ja ya? BBM aja atau kaya prog Ips yg ada sejarah2nya gt? hehe thankU;-)

    Reply
  3. anonim

    ka mau tanya nih.. aku ga bagitu ngerti sama passgrade jadi kasimpulannya kira kira kalo ikut undangan dengan rata2 rapot 80 diterima ga tuh?
    thanks ka.. info sebelumnya bermanfaat banget 🙂

    Reply
  4. Tasya

    Terima kasih infonya!
    Sebaiknya saya mencantumkan ilmu perpustakaan di prodi 1 atau 2 ya? Lebih baik prodi 1 ilmu perpustakaan dan prodi 2 sastra indonesia atau sebaliknya?
    Mohon dibalas ^^

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s