Cara Membuat Perpustakaan di Rumah

membuat perpustakaan dirumah

Kebayang nggak sih kalau buku-buku yang kita koleksi dirumah yang jumlahnya sudah luar biasa banyak, lalu kita buat perpustakaan sendiri dirumah kita? Wih pasti keren!

Membuat perpustakaan dirumah sebenarnya tidak begitu sulit kalau kita paham tentang konsep kepustakawanan dan bagaiman sih Perpustakaan yang sebenarnya. Banyak orang awam bingung membedakan Perpustakaan dan ruangan tempat nyimpen buku. Banyak juga orang yang nggak ngerti tentang perpustakaan tapi karena bukunya terlalu banyak jadi ia buat sebuah ruangan dengan rak yang ia desain sedemikian rupa dan menamakannya dengan perpustakaan, padahal perpustakaan lebih dari sekedar ruangan penuh buku.

Oke lalu gimana cara membuat perpustakaan? Pertama pahami dulu apa itu konsep perpustakaan. Perpustakaan adalah sumber informasi. Ketika kita butuh informasi kita pergi perpustakaan. Nah ketika kita membutuhkan informasi, informasi itu harus mudah dicari. Jadi Perpustakaan itu membutuhkan sistem temu kembali. Kebanyakan dari perpustakaan pribadi, yang menyusun atau yang memiliki harus menghafal letak buku, ketika juru kuncinya tidak ada, maka orang lain akan kerepotann. Jadi perpustakaan membutuhkan sistem!

Pertama buatlah skema sistem klasifikasi koleksi, bisa bergantung DDC atau UDC. Jika jumlah koleksinya   tidak terlalu banyak, kita bisa buat sistem klasifikasi sendiri, tetapi tetap tidak terlepas dari kaedah ilmu perpustakaan! Setelah buku sudah diklasifikasikan, kita harus memberikan label yang sesuai dengan standar pada tiap buku yag menjadi koleksi perpustakaan kita. Gunakan selotip yang berkualitas seperti 3M dan sejenisnya untuk labeling agar buku kita tidak cepat rusak.

Oke, sekarang kita sudah punya sistem klasifikasi betul? Kita hanya tinggal membutuhkan sebuah katalog. Katalog saat ini lebih mudah dengan sistem komputer maupun online. Untuk yang menginginkan katalognya dalam bentuk online ini sangat keren. Kita dapat mengakses katalog koleksi perpustakaan kita dari mana saja asal terkoneksi dengan internet. Biasanya kita menggunakan Senayan library management software yang gratisan… Hehehe. Disini pastikan semua koleksi buku perpustakaan kita masuk ke dalamnya, dan pada saat input data gunakanlah standar yang telah digunakan MARC atau AACR. Salah-salah nanti koleksi yang kita inginkan tidak terdaftar dalam pencarian.

Terakhir, buatlah sebuah tajuk subjek agar ada konsistensi dalam pemberian nama. Baiknya gunakan saja tajuk subjek yang sudah ada.

Bagaimana? Siap untuk membuat perpustakaan sendiri dirumah? Ingat perpustakaan bukanlah gudang buku, tetapi memiliki fungsi temu kembali yang mudah dan bisa diakses siapa saja dan mudah ditelusur. Kalau anda mengalami kesulitan, bisa menghubungi konsultan perpustakaan Libuddy dengan menghubungi email kami di contact@ridwanhanif.com

Salam!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s