Membuat Perpustakaan SMP Yuk

perpustakaan sekolah smp

Perpustakaan itu punya kebanggaan tersendiri loh bagi sekolah, terutama bagi rang tua murid yang mau mendaftarkan anaknya di suatu sekolah nggak jarang mereka pengen tahu seperti apa sih perpustakaan sekolahnya? Apa iya anak saya bisa belajar dengan baik di sekolah ini? Tentunya untuk membuat Perpustakaan bagus dan tepat guna, Perpustakaan sekolah untuk jenjang SMP ini sangat diperlukan.

Untuk membuat perpustakaan sekolah terutama untuk SMP, yang pertama kali harus dilakukan ialah  survey kebutuhan pengguna. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan survey kepada siswa-siswa sekolah, melakukan realisasi dengan kurikulum dan buku sekolah yang digunakan, nilai-nilai yang ingin ditanamkan kepada pelajar di sekolah. Oh iya, survey ini tidak hanya sekedar tentang koleksi, tetapi tentang bagaimana persepsi perpustakaan menurut mereka. JIka persepsi perpustakaan menurut siswa kurang baik, maka anggaran untuk perlengkapan fisik perlu ditingkatkan. Misalkan gini, ternyata ditemukan bahwa siswa smp sekolah x memandang perpustakaan itu kuno, tidak penting dan membosankan. Berarti konsep perpustakaan yang akan dibandung harus modern, atraktif dan tidak membosankan. Dan itu kembali ke masalah budgeting.

Yang kedua ialah budgeting. Sekolah punya berapa anggaran untuk membuat Perpustakaan. Nah, anggaran ini juga harus dipisah antara anggaran perlengkapan fisik, koleksi dan jasa pustakawan dalam rangka set up dan mengelola perpustakaan. Jangan sampe timpang dan salah perhitungan. Terutama untuk perlengkapan dan jasa, ini sering kali jadi celah untuk korupsi karena harga jasa dan perlengkapan untuk perpustakaan masih abu-abu.

Ketiga, tentukan sistem yang akan digunakan di perpustakaan, mulai dari sistem temu kembali hingga sistem pelayanan. Terutama untuk Perpustakaan sekolah tingkat SMP harus dibuat semudah mungkin untuk mereka lakukan sendiri. Karena disini ada pesan untuk mendidik siswa agar mandiri mencari informasi di perpustakaan, begitupula dengan penggunaan komputer, jika kita salah menggunakan perangkat atau software sangat rentan dengan ketidak tepat gunaan.

Keempat, Gunakan perangkat komputer yang aman dari virus, gunakan software pembeku hardisk semacam deep freeze atau lainnya. Jangan lupa gunakan software original yang tepat guna pada komputer perpustakaan. Oh iya, penggunaan spesifikasi dan jenis komputer yang tepat juga mempengaruhi efektifitas perangkat IT perpustakaan.

Kelima, Pastikan sosialisasi Perpustakaan sebagai informasi kepada siswa tepat, jangan sampai ada siswa tidak tahu atau tidak pernah berkunjung perpustakaan. Karena menurut penelitian pelajar yang masih duduk di bangku sekolah memiliki peluang yang lebih besar untuk masuk ke perguruan tinggi favorit. Dan hal ini juga saya alami sendiri di kampus UI karena teman-teman saya sangat akrab dengan perpustakaan di masa sekolah mereka.

Ke-enam, pastikan perpustakaan memiliki koleksi yang update, seperti buku-buku novel terbaru, buku pengentahuan yang atraktif dan tidak ketinggalan zaman. Sehingga perpustakaan selalu tampak segar dan  membuat warga sekolah senang untuk datang ke perpustakaan.

Nah, jika perpustakaan sudah memenuhi 6 syarat diatas, pasti perpustakaan smp yang ada disekolah tersebut keren banget! Untuk poin nomor 2 dan 3 tusahakan libatkan pustakawan yang biasa mengerjakan perpustakaan sekolah. Atau anda dapat menghubungi Konsultan Perpustakaan Libuddy yang sudah berpengalaman! Contact Libuddy di contact@ridwanhanif.com 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s