Tanya Jawab Seputar Ilmu Perpustakaan

librarian

Nggak kerasa sudah 3,5 tahun saya nge-blog tentang ilmu perpustakaan ya. Dan nggak sedikit visitor yang dateng ke blog ini bertanya-tanya tentang ilmu perpustakaan, mulai dari komen hingga email. Terutama email, lama-kelamaan repot juga ngebales-balesin email yang datang cukup banyak dan bertubi-tubi. Sepertinya harus dibuat FAQ atau Frequently Asked Questions. Di blog ini sudah ada 536 komentar dan ratusan email yang masuk ke inbox saya sudah nggak kehitung juga kayaknya, pengunjung sehari jumlahnya juga seribuan. Maklum udah 3,5 tahun konsisten ngeblog. Bukannya nggak suka ngebalesin email atau sombong, tapi kalau setiap hari, hari-hari saya habis hanya untuk membalas email, terus kapan saya skripsinya?? Hahaha.

Oke deh kalau gitu, kita mulai saja pertanyaan-pertanyaan umum yang sering masuk ke email saya. disini ya…

Apa itu Ilmu Perpustakaan?

Ilmu Perpustakaan adalah salah satu program studi yang mempelajari tentang tata kelola informasi. Maksudnya gini, misalnya kita punya 1.000 dokumen, pasti harus dibuat sistem agar mudah ditemukan, tidak tertukar, awet, terjaga dan tidak bochor-bochor bukan? Dan ini berlaku untuk semua jenis media informasi mulai dari file komputer, buku, barang, dokumen, dkk. Nah itulah yang kita pelajari disini.

Sekarang bayangin sebuah perpustakaan yang punya ratusan ribu buku, sebuah perusahaan berkelas dunia yang memiliki jutaan dokumen dan arsip tiap tahunnya, sebuah bank dengan sistem informasi yang rentan dan harus akurat, sebuah sistem komputer dengan milyaran informasi di dalamnya. Mungkinkah bisa tertata dan mudah ditemukan kembali? Kalau nggak ada expert ilmu perpustakaan dijamin ribet! Mungkin itu gambaran gampangnya tentang ilmu perpustakaan. Hilangin tuh pikiran kuno yang berfikir ilmu perpustakaan cuma nyusun buku sama jaga perpus doang. Dan apakah kamu tahu? Sergey Brin dan Larry Page yang menemukan Google itu awalnya dari sistem pencarian di Perpustakaan digital di Stanford loh!

Jurusan Ilmu Perpustakaan ada dimana saja ya? 

Ada di Universitas Indonesia (D3 & S1), Universitas Pajajaran (S1), UIN Ciputat (S1), Universitas Lampung (D3), Universitas Pendidikan Indonesia Jakarta (S1), Unair (D3 & S1), UNS Solo (D3), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (D3 & S1), Universitas Yarsi (D3), Universitas Wijaya Kusuma (S1), Undip (D3 & S1), Unbraw (S1), UIN Alaudin Makassar (S1), Universitas Negeri Malang (D3), Universitas Sam Ratulangi (S1), Universitas Muhamadiyah Mataram (D3). Universitas Sumatera Utara (D3 & S1), IAIN Imam Bonjol Padang (D3), Universitas Lancang Kuning Riau (S1), IAIN Ar-Rainy Aceh (S1 & D3), Universitas Negeri Padang (D3), IAIN Raden Saleh Palembang (D3), Universitas Bengkulu (D3), UNHALU Kendari (D3), STAIN Sorong (D3), UNiversitas Islam Nusantara Bandung (S1)

Wah banyak juga ya… kalau ada yang salah dan update terbaru mohon koreksi 🙂

Prospek lulusan Ilmu Perpustakaan gimana?

Bagus dan bersaing, tinggal pilih mau jadi pustakawan, arsiparis atau manajemen rekod

lebih lengkapnya lagi baca ini prospek ilmu perpustakaan

Kuliahnya ngapain?

Belajarlah! Hehehe…..

Mata kuliahnya kaya gimana?

Mata kuliahnya di ilmu perpustakaan kebanyakan ilmu-ilmu interdipliner, seperti misalnya dari ilmu manajemen, komunikasi, teknologi informasi, metadata, dkk. Kebanyakan sih tentang “how to organize” dokumen, seperti misalnya buku, arsip di suatu lembaga agar rapi, mudah dicari, awet, termasuk penyebar luasan informasi, termasuk internet dkk loh. Pokoknya sangat berbeda dengan apa yang dipelajari saat SMA deh.

Asiknya lagi, mata kuliah ilmu perpustakaan selalu up-to-date dengan teknologi perkembangan zaman, apalagi di era teknologi serba digital gini…. hehehe

Kuliahnya banyak IT-nya?

Dulu pertama kali masuk ilmu perpustakaan gara-gara digadang-gadang IT nya IPS, walaupun saya waktu SMA dulu IPA. Ada mata kuliah teknologi informasi dan ini mata kuliah wajib ya. Tetapi sangat jauh berbeda dengan apa yang dipelajari oleh anak-anak Ilmu Komputer. Pertama, kita nggak belajar coding atau pemograman, lebih kepada bagaimana how to operate, concepting and cara menginstall program agar berjalan di lembaga informasi. Yang paling berasa mungkin tentang building web with HTML, pembuatan database, dkk. Jadi buat kamu yang mikir bakalan bisa jadi programmer, nggak cocok masuk sini. Cocoknya yang senang dengan webdesign, web builder atau database management dan networking.

Berapa biaya kuliahnya?

UI bisa dibilang yang paling maha diantara yang lain, tetapi mulai tahun 2013 ini uang pangkal sudah dihapus. Persemesternya 5 juta. Kecuali kita minta keringanan dengan BOP-Berkeadilan, kebetulan temen ada yang dapet persemester 100 ribu. Tapi tenang saja, untuk awal-awal kuliah memang agak berat, setelah semester 4 keatas sudah mulai banyak peluang beasiswa kok!

Mau masuk Ilmu Perpustakaan harus IPA atau IPS?

Harus IPS, kalau yang IPA harus ambil IPC waktu ujian biar bisa masuk ilmu perpustakaan

Kalau waktu SMA ambil IPA, Bisa nggak masuk JIP?

Bisa banget, dulu saya dari IPA kok. Yang penting ambil IPC waktu SIMAK UI.

Berapa lama kuliahnya?

Normal 4 tahun, tapi angkatan JIP UI 2009 ini ada yang berhasil 3,5 tahun dengan IPK Cumlaude… (yang pasti bukan saya..) Hehehe…

Katanya banyakan ceweknya yah?

Katanya sih gitu dulu, tapi sekarang kayanya beda-beda dikit… Lagipula kamu mau cari ilmu atau mau cari pacar? Hahaha…..

Kuliahnya ngebosenin nggak?

Bosen kuliah itu hal umum buat mahasiswa semester 6 keatas. Rata-rata semua mahasiswa dari semua jurusan begitu… Tapi kebanyakan senior-senior yang sudah lulus pasti kangen kuliah, sama seperti waktu kuliah  kangen SMA… Hehehe

Peluang masuknya bagaimana?

Yang pasti peluang buat masuk ilmu perpustakaan tiap tahun pasti meningkat, apalagi mulai tahun 2009 kemarin Ilmu Perpustakaan selalu bertengger di 5 besar jurusan terfavorit di FIB. Saran saya sih belajar yang bener aja dulu, apalagi passing grade sekarang naik terus….

Gimana sih dulu bisa nyangkut di Ilmu Perpustakaan?

Baca halaman About This Blog di menu atas ya!

Saya lulusan D3 Ilmu Perpustakaan, ada program ekstensi ke S1 nggak?

Di UI sih setahu saya tidak ada, di tempat lain saya kurang tahu yaa… Tapi beberapa anak D3 Ilmu Perpustakaan ada yang ambil ekstensi ke jurusan lain kalau nggak salah yaa

Jadi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan itu super sibuk nggak sih?

Tergantung sikon sih, kalau pas UTS dan UAS pasti sibuk (kayanya semua jurusan juga gitu). Lumayan banyak waktu luangnya kok, terutama buat kamu yang seneng bergorganisasi, ilmu diperkuliahan membantu banget! Oh iya, yang pasti kita nggak sesibuk mahasiswa kedokteran atau sastra cina dan jepang yang harus bener-bener tekun belajar setiap hari.

S1 Ilmu Perpustakaan kalau lulus harus Skripsi?

Bisa non skrip kok, tapi lulusnya non-wisuda dan non ijazah alis DO (Drop Out)… zzzzz

Ok kak, saya tertarik masuk ilmu perpustakaan, tapi yang bagus dimana yah?

Aduh, kalau menurut saya sih UI, tapi ini terlalu subjektif penilaiannya karena saya mahasiswa UI. Kalau tempat lain saya belum pernah ngicipin bangku disana… Ada baiknya kalau ngeliat passing grade dulu sebelum masuk… Hehehe

Mungkin segitu dulu aja ya kolom tanya jawab seputar ilmu perpustakaan. Oh iya, pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan umum yang sering saya dapat lewat email loh, bukan mengada-ada… Kalau ada yang ingin menambahkan pertanyaan bisa kirim email ke contact@ridwanhanif.com. Nanti jawabannya akan saya update di artikel ini. Thank youuu….

Advertisements

22 thoughts on “Tanya Jawab Seputar Ilmu Perpustakaan

  1. lina meliana

    kak, saya msh dlm menjalani kuliah diploma ilmu perpustakaan nihz…
    tp, saya ingin melanjutkan s1 ilmu perpustakaan. klw, blh tau kak di ui jalur apanya kak….

    Reply
  2. Fadjrin Ashari Z.

    Hai kakaaak, kakak udah alumni JIP atau masih kuliah? Saya adek kelas kakak loh, baru masuk tahun ini 😀

    Reply
  3. asrul hidayat

    JIP it asyk,
    kulyahnya nyante tapi pasti,
    JIP juga untuk tahun kedepan pluang kerjanya masih cerah.
    karena serjana pustakawan masih minim,sekolah” instansi” perpustakaan,pustakawannya bnyak yg lulusan SMA dan ada dari jurusan yg lain.
    ada undang undang yg mengatakan(lupa sy uud no brapa dan ayat brapa)
    yg mengatakan perpustakaan harus dikelola oleh pustakawan lulusan dari JIP minimal D3.

    Reply
  4. Faisal

    ok , kalo sebelumnya udah ada yang nanya bagaimana kalo dari jurusan IPA, nah sekarang saya nanya gimana kalo dari jurusan SMK, apakah bisa Masuk Ilmu perpustakaan..

    Reply
  5. Riris

    Ok, kak, kalo saya kan lulusan SMK tahun ini jurusan Multimedia, bisa ndak saya masuk JIP? sedangkan saya ikut program bidikmisi..
    mohon jawabannya… terimakasih…

    Reply
  6. paujiah

    Ka numpang nanya klau dari diploma mau lanjutin ke S1nya di UI..apakah bisa soalnya saya dari D3 Ilmu perpustakan IAIN Antasari banjarmasin

    Reply
  7. Risma Fery Yuliana

    klo jurusan Ilmu perpustakaan di Unhalu kendari sdh ganti dari D3 jdi S1…
    salam kenal 🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s