Hai Pustakawan! Mau Buat Apa Dengan Dana Hibah 48 Milyar?

Paman Gober

“Wan, coba kamu cek deh Bill and Melinda Gates Foundation”

“Ada apa pak?”

“Mereka ada program founding gitu buat perpustakaan, coba kamu cek deh, Siapa tau kamu bisa tembus”

Percakapan dengan Pak Valen, Salah satu sesepuh Kompasiana itu membuka wawasan saya untuk mencoba menelusur peluang Perpustakaan sosial.

Langsung lah saya buka website gates foundation. Alangkah terkejutnya ketika melihat ternyata Indonesia sudah ada organisasi yang mampu tembus 5 juta US dollar atau setara dengan 48 Milyar Rupiah. Waw! Kira-kira apa yang akan kamu lakukan dengan dana sebesar itu untuk program perpustakaan dan siapakah yang mendapatkan dana besar tersebut?

Perpustakaan CCFI

Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) bekerjasama dengan Gates Foundation meluncurkan program “PerpuSeru : Bikin Kita Maju” pada tahun 2006 silam. Kegiatannya simple, mereka memasok perangkat IT lengkap dengan jaringan internet ke 35 Perpustakaan di Indonesia dan pelatihan advokasi penggunaan internet. sumber

Sebagai Pustakawan yang faham betul tentang Perpustakaan dan Literasi Informasi. Tentu tahu betul dong apa yang bisa kita lakukan dengan budget 48 Miliar dan dampak langsung kepada masyarakat? Eits, disini saya tidak mengkritisi Coca Cola Foundation yaa. Namun menurut saya, agak sayang saja kalau 5 juta dollar itu penyaluran sosialnya kurang tepat. Harusnya pustakawan nih yang terjun langsung mengelola dan menyalurkan agar tepat guna. Sesuai judulnya, Global Libraries

Saya befikir, bagaimana jika dana sebesar itu dipakai untuk benar-benar membuat masyarakat Indonesia khususnya di daerah sadar dan melek tentang informasi. Pasti akan sangat terasa manfaatnya bukan? Duh, jadi kepikiran nih dapet hibah 5 juta dollar untuk membangun 100 Perpustakaan di daerah-daerah…. Hehehe….

Punya ide atau tertarik untuk bergabung, atau kamu punya masalah tentang akses informasi di daerah kamu? email ke contact@ridwanhanif.com ya (saya juga masih ngawang-ngawang, siapa tau ada yang mau ikut nyumbang ide dan tenaga ya kalau kita punya visi yang sama untuk membuat masyarakat Indonesia melek informasi)

Advertisements

One thought on “Hai Pustakawan! Mau Buat Apa Dengan Dana Hibah 48 Milyar?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s