Perilaku Komunikasi Assertive, Proactive, Reactive

Dalam berkomunikasi, setiap orang memiliki karateristik masing-masing yang menjadi cara mereka dalam menanggapi persoalan atau mengutarakan pendapat. Diantaranya ialah cara komunikasi Assertive, proactive dan reactive dari sudut pandang profesional informasi.

Assertive

Assertive merupakan cara komunikasi yang mengekspresikan pendapat dan perasaan secara terbuka, secara langsung dan cara yang lembut tanpa melanggar hak-hak orang lain. Disini pelaku komunikasi assertive cenderung untuk tidak mau mengalah tanpa menyerang lawan bicara. Sehingga pola komunikasi seperti ini cenderung untuk menghasilkan suasana yang sama-sama memenangkan pendapat diantara dua belah pihak walaupun memiliki perbedaan diantara keduanya.

Cara komunikasi ini sangat ideal untuk seorang pekerja informasi karena dengan menyampaikan pendapat secara langsung dan dengan penuh hormat, informasi akan tersampaikan dengan jelas tanpa harus memberikan isyarat ataupun keinginan untuk dimengerti dalam komunikasi. Sedangkan untuk mengimplementasikannya dibutuhkan sebuah kebiasaan ataupun pelatihan untuk melakukannya. Diantaranya jika ingin menggunakan skill komunikasi assertive kita harus bisa menerima pendapat orang lain, menggunakan kata yang tepat untuk mengutarakan pendapat tanpa menjatuhkan lawan bicara, lebih peka terhadap perasaan lawan bicara dan menggunakan intonasi suara yang menyenangkan. Nantinya jika lawan bicara memberikan penolakan, pengguna komunikasi Assertive tidak menunjukan rasa kecewanya terhadap lawan bicara.

Keuntungan menggunakan komunikasi Assertive:

  • Memberikan rasa nyaman dalam komunikasi baik kepada diri sendiri maupun orang lain.
  • Membangun rasa hormat kepada sesame / lawan bicara.
  • Meningkatkan kepercayaan diri.
  • Membantu menyampaikan pendapat dengan baik.
  • Mengurangi kemungkinan untuk mengecewakan / melukai perasaan seseorang.
  • Mengurangi kesombongan.
  • Membantu mendapatkan win-win solution.
  • Mengurangi stress akibat perbedaan pendapat.
  • Memberikan maksud dan tujuan yang jelas dalam komunikasi.
  • Minim terjadinya miskomunikasi.

Proactive

Sikap proactive merupakan cara komunikasi yang cukup unik, karena orang yang memiliki pola komunikasi ini akan membuat sebuah pilihan reaksi terhadap sebuah rangsangan, Tidak ayal jika orang dengan tipe ini akan memiliki jeda untuk merespon untuk berfikir sejenak tentang “apa” yang harus dilakukan ketika mendapatkan sebuah situasi untuk mencapai hasil terbaik. Hasil buah pemikiran ini akan berbeda-beda dalam situasi dan kondisi yang menurutnya akan menghasilkan reaksi yang pas.

Contoh kongkrit dari komunikasi proactive bisa kita ambil studi kasus ketika seseorang dipukul secara tiba-tiba, orang tersebut bisa memberikan timbal balik yang beragam terhadap orang yang memukul seperti marah, senyum, diam saja, membalas pukul dan lain-lain bergantung terhadap hasil buah pikirannya untuk mencari cara terbaik dalam merespon suatu kejadian. Inilah yang disebut dengan proactive.

Keberhasilan komunikasi proactive sendiri ditentukan dari seberapa cerdas manusia dalam mencerna sebuah reaksi. Hal ini bisa ditentukan oleh banyak faktor, karena tidak semua sikap proactive akan menjanjikan hasil yang positif, bisa saja hasil pemikirannya justru membawa situasi yang lebih kacau. Maka dari itu ada baiknya untuk melakukan komunikasi proactive seseorang harus mengenali karateristik lawan bicara / audience.

Reactive

Komunikasi reactive bisa dibilang bukanlah sebuah teknik melainkan sebuah karateristik, karena jika dilihat dari definisi dan ciri-cirinya, cara komunikasi reactive merupakan cara komunikasi yang kurang dewasa dan memiliki kemungkinan besar untuk menyinggung orang lain.

Pada komunikasi reactive, seseorang akan tanggap terhadap rangsangan yang ia terima. Ketika ada sesuatu yang menyinggung dirinya, dia akan segera melakukan tindakan balasan terhadap orang tersebut. Bisa dibilang, ia gagal memilih respon yang datang kepadanya dan langsung mengemukakan emosinya kepada lawan. Dalam memberikann respon, umumnya respon yang diberikan memiliki tindakan yang sama. Bisa dibilang cara komunikasi reactive adalah kebalikan dari proactive.

Orang tipe ini bisa diibaratkan minuman bersoda, jika diguncangkan dengan spontan ia akan langsung berbuih. Menurut Rodsemith ciri-ciri orang yang reaktif adalah:

  • Terburu-buru dalam mengambil tindakan..
  • Mengejar-ngejar orang lain untuk membereskan persoalannya.
  • Bersikap subjektif dan melindungi diri.
  • Kabur ke arah yang lain
  • Mudah tersinggung, jengkel dan marah.
  • Kurang memiliki rasa humor atau menganggap humor itu membuang waktu saja.
  • Mencari dukungan pihak lain.
  • Bertindak berlebihan atau menghindar dari tanggungjawab.
  • Suka menggurui dan berharap orang lain menjadi pengikutnya.
  • Merebut tanggungjawab yang menjadi porsi orang lain.
  • Gampang kagetan dan merasa tak bersalah meski telah menyebabkan kekacauan besar.
  • Pendendam
  • Menyingkirkan orang yang menghalangi langkahnya.
  • Pemahamannya hanya sebatas bagaimana membela diri.
  • Selalu merasa terancam.
  • Merasa benar sendiri.

Sikap Reactive tidak baik dimiliki oleh seorang spesialis informasi. Karena untuk menjadi seorang professional informasi kita harus memahami lawan bicara agar mereka nyaman untuk mendapatkan informasi. Orang dengan tipe ini bukan berarti akan seperti ini untuk selamanya, jika orang tersebut mau berubah dan belajar untuk mengatasi emosinya yang cepat meledak, membuang sifat-sifat pengumpat, mengembangkan rasa tanggung jawab dan memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri, tidak sulit untuk memperbaikinya menjadi seseorang dengan karateristik assertive.

sumber:

Assertiveness : Working With People; No Against Them. Accessed : September 28th, 2012. http://www.mindtools.com/pages/article/Assertiveness.htm

Flannery, Blake. Communication Styles: Assertive Communication Examples. Accessed : September 28th, 2012. http://blakeflannery.hubpages.com/hub/Assertiveness-on-a-Psych-Unit

Kristanto, Purnawan. Orang Reaktif. Accessed : September 28th, 2012. http://www.sabdaspace.org/orang_reaktif

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s