Keuntungan Audit Informasi bagi organisasi

Pengertian audit informasi menurut Records Management Society of Great Britain Local Government Group  adalah kegiatan identifikasi dan evaluasi alur informasi organisasi dan informasi terekam pada organisasi. Dari pengertian di atas, kita tahu bahwa audit informasi adalah salah satu kegiatan yang cukup penting dalam suatu organisasi.

Audit informasi pun memiliki beberapa keuntungan bila dilakukan pada suatu organisasi. Dalam  jurnal Libri dengan judul artikel “The Information Audit: Principles and Guidelines” dijelaskan bahwa ada beberapa keuntungan dari kegiatan audit.

Keuntungan tersebut antara lain adalah:

1. Keuntungan dalam validasi
Dengan adanya audit informasi maka diketahui bahwa informasi mana saja yang dikatakan sebagai sumber informasi yang valid dan akurat, sehingga pada tahap perencanaan informasi tersebut dapat membantu organisasi dalam melakukan kegiatan dengan lebih baik.

2. Keuntungan dalam diagnosis
Audit informasi memberikan jalan untuk organisasi memahami dan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta menunjukkan gaps dari informasi yang dimiliki oleh organisasi. Sehingga organisasi dapat memperbaiki kelemahan dan mengurangi gaps tersebut.

3. Keuntungan dalam informasi
Dalam audit informasi, komunikasi penyampaian informasi adalah salah satu fokus yang ada di dalamnya. Dalam keadaan yang serupa audit informasi membantu staf dalam fokus dan menggunakan sumber informasi organisasi dengan efektif dan efisien.

4. Keuntungan dalam umpan balik
Audit informasi adalah sarana evaluasi dalam organisasi. Dalam kegiatan audit informasi, informasi kembali dikoreksi dari awal masuknya infomasi pada organisasi hingga informasi keluaran yang sungguh dibutuhkan (diharapkan) organisasi.

5. Keuntungan dalam latihan
Audit informasi memberikan pelajaran pada para staf tentang organisasi mereka. Para staf akan tahu tentang proses, filosofi, dan struktur yang ada dalam organisasi mereka, sehingga pada akhirnya para staf akan mengetahui alur dan kegunaan informasi pada organisasi dan organisasi pun mendapat keuntungan untuk melatih staf untuk menjadi manager informasi dalam organisasi tersebut.

Kesimpulan yang dapat kita ambil adalah kegiatan audit informasi adalah kegiatan yang penting. Di dalam kegiatan ini, organisasi bisa kembali mengevaluasi dan memperbaiki hal-hal yang mengenai alur informasi. Sehingga, informasi bisa digunakan dengan efektif dan efisien.  

By: Permadi Heru Prayogo

Daftar pustaka

Botha, Hanneri dan Boon, J.A. 2003. The information audit: principles and guidelines. Libri (53): 23-38. Diakses melalui digilib.ui.ac.id

Records Management Society of Great Britain Local Government Group. 2004. Information audits—Guidelines.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s