Dibuka Juga Nih Akhirnya! (Perpustakaan Baru UI)

Perpustakaan UI BARU Malam Hari

“Ketika mimpimu, tak begitu indah, tak pernah terwujud
Ya sudahlaah….. “

Untungnya nasib perpustakaan UI yang baru itu nggak sampai ke bait ke-3 lagunya Bondan F2B. Setelah perpustakaan yang harusnya dioperasikan Desember 2009 pada rencana awalnya itu

Ya sudahlaah…..

Jum’at 13 Mei 2011. Lebih tepatnya 18 bulan setelah jadwal yang diharuskan perpustakaan UI baru ini dibuka Desember 2009 kemarin, akhirnya resmi di buka setengah hati. Loh kok setengah hati? Gimana enggak setengah hati? Wong cuma bisa masuk gedung sama duduk-duduk doang!?

Jangan harap bisa begini-begitu di perpustakaan baru ini untuk saat ini. Karena pembukaan nggak resmi ini ternyata cuma bisa jadi ajang perkenalan, main-main sambil foto-foto narsis di perpustakaan baru. Nggak usah heran kalau tanggal 13 Mei saat pembukaan perpustakaan baru pasti banyak yang upload foto-foto di facebook sambil narsis di rumah teletubbies itu :D.

Jauh dari perkiraan, layanan hanya menerima pengembalian buku, belum bisa dipinjam, toh koleksi masih tersimpan rapi di dalam kardus-kardus, ruangan perpustakaan juga belum boleh diakses. Komputer belum dapat digunakan, cuma bisa digunakan pada waktu-waktu tertentu saja, Wi-Fi di dalem gedung juga mati segan hidup tak mau, alias putus nyambung.

Selain itu, beberapa ruangan juga masih dalam pembangunan, di bagian sayap kiri perpustakaan tampak jelas tebeng-tebeng asbes memisahkan ruang yang sedang dikerjakan oleh pekerja dan ruangan yang bisa disinggahi mahasiswa. Jadi mungkin kita akan sedikit mendengar peralatan-perlatan mesin yang sedang bekerja. Untungya mereka biasanya bekerja pada malam hari.

Saat ini hanya 3 lantai saja yang dapat diakses oleh mahasiswa. Lantai 1 (ruang komputer, BNI, Lounge dan taman), lantai 2 dan 3 (Perpustakaan dan tempat belajar + kata Ibu Luki ruang comblang), Untuk mengakses lantai 2 & 3 kita diwajibkan untuk menunjukan Kartu Mahasiswa UI. Selain mahasiswa UI? Ohhh tidakkk bisaaaa……! (sule mode : on). Tapi tenang saja, nanti ketika perpustakaan ini sudah berfungsi dengan semestinya, perpustakaan ini akan terbuka untuk siapa saja selama 24 jam, bukan mahasiswa juga boleh menjadi anggota perpustakaan.

Perpustakaan yang nggak jelas fungsinya untuk sementara waktu ini dibuka tiap hari Senin – Sabtu pukul 08.00 – 16.00 (CMIIW). Berhubung masih tahap percobaan, mungkin waktu yang cukup singkat ini cukup efektif, karena setelah mahasiswa pulang, pekerja langsung meneruskan pekerjaannya. Sampai sekarang belum ada konfirmasi yang jelas kapan perpustakaan ini dapat berfungsi dengan normal layaknya perpustakaan sesungguhnya. jadi buat teman-teman mahasiswa, terutama yang lagi skripsi, jangan harap bisa pinjem buku, Maka dari itu cobalah pinjam buku di perpustakaan universitas sebelah, karena UI ini diapit banyak universitas seperti Universitas Gunadarma, Pancasila, Tama Jagakarsa, BSI, PNJ, Politeknik Negeri Kreatif dan yang lainnya.

Do’a saya sih semoga perpustakaan ini cepat selesai 100%, penilaian pribadi saya saat ini mungkin untuk gedung sudah 75% (dalam pembangunan gedung itu biasanya finishingnya yang lama(sotoy)), namun untuk pengoperasian perpustakaan baru 10 % saja. Gimana nggak 10 %? Wong cuma bisa balikin buku doaaaanggg!!! 😦

Jadi untuk sementara ini, buat kalian yang udah ngebet banget tuh buat make perpustakaan baru UI, saran saya urungkan niat anda dalam-dalam, kecuali buat foto-foto narsis silahkan saja…. karena masih belum jelas perpustakaan ini bakalan beroperasi kapan. Menurut saya kalau saat ini pekerjaan dari hari ke hari masih statis begini terus. mungkin sekitar 6 bulan lagi baru bisa digunakan secara baik. Kok lama betul? ya itu menurut pengamatan awam mahasiswa ilmu perpustakaan. Yang penting masih ada kemajuan toh, ya masih bisa terwujud walaupun nggak sesuai mimipi yang indah, ya sudahlaaahhh….

What i like di perpustakaan baru UI :

– luas

– dingin

– keren buat foto-foto

– sofanya empuk-empuk

– Desain interiornya, ckckck

– perabotnya bagus-bagus

– Gratis! πŸ˜€

– pemandangannya ajib (terutama Lake View balairung)

What i dont ?

– Kalau jalan pas siang, panas banget euy

– komputer canggih, mahal, keren tapi nggak usefull

– Wi-Fi cenat cenut

– jarak antar rak buku sempit banget (padahal gedungnya gede)

– liftnya dikit

– denah perpustakaan membingungkan

– BNInya kegedean

– Pintu masuknya cuma 1 (arah fasilkom) harusnya dibuat juga dari arah FH / MUI

Advertisements

3 thoughts on “Dibuka Juga Nih Akhirnya! (Perpustakaan Baru UI)

  1. Rina

    Menurut saya kalau saat ini pekerjaan dari hari ke hari masih statis begini terus. mungkin sekitar 6 bulan lagi baru bisa digunakan secara baik.
    Yah.. Gimana saya mau minjem buku semester depan? 😐

    Reply
  2. Hanif Ridwan Post author

    memang dirancang nggak ada tempat parkirnya, parikir bisa di MUI atau Fasilkom yang lebih deket

    yah masih mending juga bisa dipake, dibanding jadi pajangan πŸ˜€

    yang sabar ya rina πŸ™‚

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s