Olimpiade Taman Bacaan Anak 2011 (OTBA)

OTBA 2011 Olimpiade taman baca Sebagai mahasiswa ilmu perpustakaan dan informasi, tentunya nggak asik kalau cuma kuliah pulang aja. Saya dan beberapa teman saya ikut menjadi relawan Olimpiade Taman Bacaan Anak 2011 atau disingkat menjadi OTBA 2011. Acaranya berlangsung pada hari Minggu, 20 Maret 2011 di Bumi Perkemahan Ragunan.

Acara ini diselenggarakan oleh organisasi yang bergerak di bidang sosial bernama Jaringan Relawan Taman Bacaan Anak 1001 Buku, atau lebih dikenal dengan Relawan 1001 Buku. Biasanya acara olimpiade taman bacaan anak ini berlangsung tiap satu tahun sekali, namun pada 2 tahun kemarin sempat mengalami kekosongan. Sehingga di tahun 2011 ini mulai dicoba untuk dirintis kembali dan ternyata alhamdulillah acaranya sukses banget dan banyak sekali manfaatnya!Β 

Nah, pada acara itu kebetulan saya menjadi LO (apa sih artinya?) dari TBA Melati yang terletak di Vitara, Depok. Karena sudah akrab sebelumnya dengan TBA Melati, jadi sudah nggak canggung lagi ketemu dengan anak-anaknya. Dalam membimbing mereka saya dibantu oleh Mbak Yani dan Mbak Relis dan suaminya sebagai pembimbing dari TBA Melati.

Peraturannya, setiap TBA hanya diperbolehkan membawa 10 orang anak didik ditambah 2 pendamping. Dari 10 anak tersebut, 8 orang anak mengikuti lomba marathon permainan tradisional, 1 orang anak mengikuti lomba fashion show dari barang daur ulang dan 1 anak menjadi cadangan. Loh kok ada 1 cadangan? iya, tadinya 1 orang cadangan itu akan bersiap-siap jika salah satu orang anak ada yang sakit, ia yang menggantikan. Untungnya ada 1 lomba tambahan dari sponsor tambahan yaitu Sari Husada. Lomba tambahan itu adalah lomba menghias.

Lomba menghias OTBA 2011

Itu yang diatas putih-putih digambarin namanya apa ya? :D. Aduh saya lupa… hahaha. Yah pokoknya lomba menghias itulah. Dengan adanya sponsor tambahan, jadi tidak ada tuh yang namanya 1 orang anak sebagai cadangan. Semuanya ikut berlomba!

Disini rangkaian acaranya seru sekali. Terutama disaat jam kosong. eh, bukan jam kosong deng, tapi pada saat sedang ada acara di panggung seperti lomba mendongeng online dan drama oleh kakak-kakak mahasiswa Universitas Bak*ie tidak ada kewajiban untuk mengikutinya, jadi wajar saja seperti jam kosong. Pada saat jam kosong, panitia menyiapkan permainan yang sangat seru. Kita bisa main engrang sepuasnya, main gasing sepuasnya dan bermain bersama anak-anak taman baca lainnya.

Walaupun TBA Melati nggak menang lomba apa-apa, tapi itu nggak masalah karena kita udah banyak main dan banyak makan! hahaha. salah satunya kita dapat beberapa bonus karena ke-narsisan anak-anak TBA Melati :

Masuk TV πŸ˜€

TBA Melati masuk TV di OTBA 2011Kata mas-mas presenternya kita masuk berita di ANTV jam 5 sore sama hari senin dan selasa sebagai salah satu konten berita, Allahuallam saya nggak liat. Tapi setidaknya papan nama TBA Melati dan anak-anaknya ikutan mejeng! Jeng jeng!

Foto bareng Miss Indonesia lingkungan Hidup 2011 πŸ˜€

TBA Melati foto bareng miss indonesia lingkungan hidup 2011

Kapan lagi kan bisa foto bareng Miss Indonesia lingkungan hidup 2011? Saya aja cuma kebagian jepret! πŸ˜€

Naik ke atas panggung πŸ˜€

Naik ke atas panggungPatut diapresiasi nih anak-anak yang mempunyai rasa percaya diri yang tinggi. Anak-anak TBA Melati salah satu contohnya, walaupun cuma megal-megol diatas panggung, rasa percaya diri mereka patut kita contoh! πŸ˜€

Nah, acara ini cuma berlangsung satu hari dari jam 08.00 – 16.30. Anak-anak sih berharapnya lebih dari satu hari :D. Setelah kita berpanas-panasan sampai muka gosong (pengalaman pribadi), bermandikan keringat karena harus mengimbangi stamina anak-anak bocah yang nggak ada habisnya, dan perut kembung akibat kebanyakan makan. Pagi makan, siang makan dan sore makan gimana nggak kembung? McD lagi sponsor makan siangnya! :D. Akhirnya kita pulang juga ke rumah masing-masing. saya harap setelah mengikuti OTBA 2011, anak-anak Indonesia makin mengenal dan mencintai permainan-permainan tradisional sebagai budaya yang kita miliki.Viva OTBA 2011!

Advertisements

One thought on “Olimpiade Taman Bacaan Anak 2011 (OTBA)

  1. meivy

    LO kpanjangannya kalo ga salah liaison officer. Blognya keren kak, aku jg mau masuk jip ui thn ini doain ya kak hehe

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s