QR Code : Sejarah, Definisi, Cara Membaca dan Membuatnya

QR Code blognya ilmu perpustakaanHayo coba tebak gambar apa di samping ini? Kalau belum tahu gengsi dong! Hahaha. Gambar disamping itu sebetulnya bukan gambar, melainkan kode yang berisi data alfanumerik yang dapat dibaca oleh kamera, bahkan handphone berkamera biasa dan alat pembaca lainnya. Kode ini populer dengan nama QR Code sedangkan kata QR sendiri adalah singkatan dari kata “Quick Response” karena memang QR code jika dibaca di tempat yang jelas akan cepat dibaca oleh alat pembaca QR Code.

QR Code ini adalah perkembangan code termutakhir dalam penyampaian data, Kalau di supermarket kita pernah lihat barcode, fungsinya tidak lain sama seperti barcode, hanya saja barcode masih mempunyai beberapa keterbatasan seperti tidak dapat memuat kode berbentuk huruf dan symbol, tidak dapat menampung data yang banyak dan sulit dibaca oleh kamera. Sedangkan pada QR code kedua masalah krusial tersebut dapat diatasi sebagai penyampai data yang mutakhir. Yang membedakannya lagi dengan barcode, QR code ini berbentuk 2 dimensi, tidak 1 dimensi yang dibaca memanjang seperti halnya pada barcode.

QR Code ini ditemukan pertama kali oleh anak perusahaan manufaktur besar jepang yang bernama Denso Wave yang dipublikasikan pada tahun 1994. Tidak diduga karena kecepatan membaca dan akurasi yang tinggi, QR code sangat berkembang di daerah Timur Tengah dan Eropa walaupun tidak sepopuler di negeri asalnya Jepang.

Jika teman-teman memiliki HP berkamera sangatlah mudah untuk membacanya. Software pembaca QR code untuk HP ada banyak sekali seperti Nokia reader, Kaywa reader, Dakodei-nigma reader, Lynkee reader dan banyak lagi. (Kalau ingin download langsung aja klik linknya). Saran saya lebih baik doenload i-nigma reader, karena i-nigma otomatis mendeteksi kelayakan handphone anda untuk mengunakan QR Code.

Sekarang bagaimana nih cara membuatnya? Caranya gampang sekali karena di internet kita dapat menemukan berbagai macam QR code generator. Yang paling terkenal saat ini adalah generator QR code buatan website kaywa. Tapi kalau dari pribadi saya sendiri saya lebih senang menggunakan QR code generator buatan ZXing Project karena banyak pilihan opsi pembuatan QR Code berdasarkan geografis, link website, SMS, Nomor telepon, Informasi tanggal hingga membuat kartu nama menggunakan QR Code! Keren kan? Nah, buat teman-teman yang ingin mencoba menggunakan QR code langsung saja bisa dicoba dengan software generator dan pembacanya yang sudah saya sediakan. Semoga bermanfaat

Advertisements

One thought on “QR Code : Sejarah, Definisi, Cara Membaca dan Membuatnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s