ODLIS – Online Dictionary for Library and Information Science (Kamus Online untuk Ilmu Perpustakaan dan Informasi)

ODLIS Kamus Online untuk ilmu perpustakaan dan informasiDi mata kuliah Bahasa Inggris Professional A pasti kita disuruh membaca  dan mempersentasikan buku tentang perpustakaan dan informasi dalam bahasa inggris. Celakanya di dalam buku tersebut banyak sekali istilah-istilah dalam ilmu perpustakaan yang tidak saya mengerti sebagai mahasiswa yang tergolong belum lama di jurusan ini. Untungnya dosen saya yang baik ibu Utami menganjurkan untuk mengintip kamus online yang bernama ODLIS.

ODLIS merupakan kamus online yang mengacu dari sebuah buku kamus yang berjudul “Dictionary for Library and Information Science” atau bisa disingkat “DLIS” buatan John M. Reitz.

Pada awalnya sebelum menjadi buku, DLIS adalah handout setebal empat halaman berjudul Perpustakaan Lingo, yang ditujukan untuk mahasiswa tidak fasih berbahasa Inggris dan bagi siswa berbahasa Inggris terbiasa dengan terminologi dasar perpustakaan di Perpustakaan Haas. Pada tahun 1996, teks tersebut diperluas dan dikonversi ke format HTML untuk instalasi pada WCSU Situs Web Perpustakaan dengan judul “Perpustakaan Hypertext Lingo: Sebuah Kamus Istilah Perpustakaan”.

Pada tahun 1997, lebih banyak link hypertext yang ditambahkan dan format yang disempurnakan sesuai dengan saran dari pengguna. Hingga akhirnya selama musim panas 1999, berkembang hingga ratusan istilah dan definisi yang ditambahkan, dan dibuat versi generik yang dihilangkan semua referensi untuk kondisi tertentu dan praktek di Perpustakaan Haas.

Pada musim gugur 1999, ODLIS diperluas menjadi 1.800 istilah dan masuk ke dalam hak cipta. Pada bulan Februari 2000, ODLIS telah diindeks di Yahoo bawah “Referensi – Kamus – Subjek.” Ini juga diindeks dalam database WorldCat, yang tersedia melalui OCLC FirstSearch.

Selama tahun 2000, kamus ini diperluas ke 2.600 tahun 2002 syarat dan tambahan 800 hal telah ditambahkan. Dari 2002 hingga 2004, kamus ini diperluas ke 4.200 syarat dan lintas-referensi yang ditambahkan, dalam persiapan untuk edisi cetak. Sejak tahun 2004, 600 tambahan istilah dan definisi telah ditambahkan.

Sekarang kamus ini bisa dilihat pada website ODLIS http://lu.com/odlis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s