apa itu daftar “Recent Programs” pada Start Menu?

Start Menu

Apaan sih recent programs? Recent programs itu tempat shorcut programs yang paling sering kita gunakan di komputer yang letaknya ada di tab start menu seperti di atas. Recent programs  umumnya ada di semua komputer dengan OS Windows XP dan generasi setelahnya. Recent programs tujuan utamanya adalah mempermudah kita untuk membuka programs yang biasa sering kita buka. Makanya kebutuhan kita memakai komputer bisa terlihat dari recent programs. Semakin tinggi tingkat pemakaian program maka icon program tersebut akan berada pada posisi puncak. Contohnya di gambar diatas terlihat saya sering membuka Microsoft Word diikut dengan Skype dan Tweetdeck. Jadi ketauan deh komputer yang kita pake itu buat apaan aja? 😀

Tapi, list programs yang ada dalam daftar recent programs bisa kita ubah dengan cara membuang list tersebut dengan cara klik kanan di icon programs pada recent programs, lalu pilih “Remove from this list”. Nantinya program tersebut akan terbuang dari daftar recent programs. Mungkin aja kita malu jika komputer komputer kita ada icon “Solitaire” bertengger pada posisi puncak bisa kita hapus dari daftar :D. Kelemahannya, kita tidak bisa menambahkan program yang kita inginkan ke dalam recent programs. Karena memang recent programs itu murni penempatannya dari seberapa sering kita membuka program-program tersebut.

Nah, kalau kita ingin menempatkan program yang kita inginkan ada di dalam start menu tanpa harus mengklik “All Programs” Caranya juga mudah. Diatas separator recent programs ada juga deretan programs yang bernama “Pinned Programs” Kalau pinned programs itu adalah programs yang memang sengaja di sematkan di depan start menu. Caranya gampang. Buka Start menu > All Programs > Pilih programs yang diinginkan dengan klik kanan > Lalu pilih “Pin to start menu”. Untuk membuang dari jajaran pinned programs tinggal klik kanan pada programs di pinned programs lalu pilih “Unpin from start menu”.

Masih di “Recent Programs”. Sekarang bagaimana mengatur setting recent programs pada star menu? Ada 2 pilihan opsi pada start menu. Pertama mengatur jumlah recent programs pada start menu. Langkahnya, Klik kanan pada taskbar windows > Pilih “Properties” > Pilih tab “Start Menu” > Pilih “Customize” > Dibagian bawah ada pilihan “Number of recent programs to display” kita atur saja jumlahnya sesuka kita. Kedua untuk mengecilkan icon caranya sama dengan yang sebelumnya. Namun pada di window “Customize Start Menu” kita cari pilihan “Use Large Icons” dan hapus tanda centang pada kolom tersebut. Dan lihatlah nantinya icon-icon yang ada di start menu kita akan mengecil.

Customize start menuGampang kan? saya sarankan untuk melakukan hal ini untuk mempercepat kita membuka programs-programs di komputer yang kita inginkan dibandingkan menaruhnya sebagai desktop icons, mengapa? Karena shortcut desktop icons bisa memperlambat kinerja komputer kita saat start up dan menggangu pemandangan. Oh iya, untuk windows 7 lebih canggih lo, selain dapat menampilkan recent programs ia juga bisa menampilkan bar recent files yang dibuka oleh recent program kita di start menu. Canggih kan? 😀

Advertisements

2 thoughts on “apa itu daftar “Recent Programs” pada Start Menu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s