Mudik, penting nggak penting tetep harus!

Mudik Pulang KampungMudik, emang penting ya? Penting nggak penting tetep harus sebetulnya. Kecuali buat manusia-manusia kaya gua yang nggak punya kampung, mudik bisa gua lakukan tiap hari.

Kenapa sih mudik itu penting? Buat kita-kita yang nggak begitu paham tentang arti mudik bagi seseorang mungkin terlihat sepele, tapi menurut orang yang bekerja pada pengelolaan karyawan atau bahasa kerennya HRD (human resource department). Mudik itu penting banget karena bisa mempengaruhi moral kerja dari pekerja tersebut. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi manusia untuk bekerja adalah family needs. Di Indonesia umumnya puncak dari kepulangan pekerja ke rumahnya masing-masing pada saat Lebaran dan Tahun baru. Makanya jangan heran kalau banyak perusahaan yang meliburkan karyawannya begitu lama pada saat Idul Fitri. Kasihan juga kan kalau lebaran harus masuk kerja. Lalu bagaimana buat karyawan yang memang ditugasi saat hari raya seperti satpam dan pekerjaan jasa tak tertunda lainnya? Tentunya juga harus diberikan kesempatan mudik bagi mereka di lain hari setelah atau sebelum hari raya. Dengan konsekuensi waktu libur mereka tidak bisa bersamaan dengan waktu libur sekolah anak atau waktu bekerja istrinya. Namun umumnya diberikan bonus libur sebanyak 50% bagi mereka yang tetap bekerja di malan hari. Misalkan jatah libur seminggu, untuk pekerja yang bekerja dihari raya diberikan libur hari raya setelahnya sebanyak seminggu lebih 3 hari. Lumayan kan daripada lumanyun?

Hal ini yang sering terlupa dari manajemen kepegawaian. Sebagai calon-calon manajer perpustakaan tentunya hal ini harus diketahui oleh kita. Terutama berbicara tentang libur! Pasti mahasiswa yang paling senang. Hahaha

Nah, bagaimana dengan orang yang tidak punya keluarga? Apakah perlu diberi libur? Perlu dong, sekali dalam setahun kan manusia juga butuh istirahat dan rekreasi. Kecuali di beberapa perusahaan besar. Rekreasi biasa ditanggung oleh perusahaan sekali dalam setahun untuk memperbaharui semangat pekerja. Kehidupan manusia itu tidak seperti mesin, jadi perlu disegarkan kembali di suatu waktu ketika mencapai titik jenuh dan kurangnya produktivitas pekerja.

Nah sekarang, ada yang mau liburan? đŸ˜€

Advertisements

One thought on “Mudik, penting nggak penting tetep harus!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s