Kuliah Semester Pertama di Jurusan Ilmu Perpustakaan

Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UI

Kuliah semester pertama itu masa-masa awal yang mendebarkan, Sekiranya mulai kebayang dan mulai berasa jadi mahasiswa beneran. Menjadi mahasiswa semester pertama itu adalah masa transisi kita dari SMA ke kehidupan kampus yang sangat jauh bedanya. Tidak ada lagi jadwal masuk dari pagi hingga malam, tidak ada lagi waktu istirahat makan siang dan peraturan yang lainnya. Disini kita berbicara tentang apa mata kuliah yang kita dapatkan, kapan jadwalnya dan kita harus mandiri. Peraturan memang tidak tertulis, namun sebagai mahasiswa yang berpendidikan lebih tinggi dari anak-anak SD tentunya kita harus mengenal kode etik terhadap dosen, kawan dan lingkungan kampus, Malu kalau masih liat ada mahasiswa yang masih buang sampah sembarangan seperti manusia yang tidak mengenyam bangku sekolah.

Jurusan ilmu perpustakaan bukanlah jurusan yang cukup dikenal. Biasanya mahasiswa baru juga nggak ngerti sebetulnya pelajaran apa sih yang bakal kita pelajarin? Kali ini gua sedikit akan membahas tentang mata kuliah jurusan yang gua dapet dulu di semester pertama Jurusan Ilmu Perpustakaan FIB UI. Mulai dari yang paling susah dulu mungkin ya :

1. Pengantar Ilmu Perpustakaan & Informasi (PIPI)
Mata kuliah ini buat gua adalah mata kuliah tersulit di semester pertama. Bukan karena mitos nilainya yang abstrak. Tapi karena isi dari mata kuliah yang sangat berbobot namun waktu yang diberikan sangat sempit. Mata kuliah ini membahas tentang dasar-dasar ilmu perpustakaan. Mulai dari pengenalan sejarah, filosofi hingga istilah-istilah dan tokoh perpustakaan yang akan kita sering jumpai di mata kuliah lainnya. Pengajar dari mata kuliah ini juga dosen-dosen yang sangat luar biasa. Dosen utamanya adalah Bapak Prof. Dr Sulistyo Basuki yang menjabat sebagai Guru Besar Ilmu Perpustakaan FIB UI dan satu-satunya professor ilmu perpustakaan yang ada di Indonesia. Namun masa-masa belajar bersama pak sulis (panggilan akrab) tidak begitu lama karena beliau seringkali berpergian ke luar negeri. Dosen penggantinya juga tidak kalah luar biasa yaitu Bapak Dr. Zulfikar Zen yang saat ini sedang menjabat sebagai Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI). Menurut saya mata kuliah ini sangat penting karena jika kita tidak ikut mata kuliah ini pengetahuan umum kita tentang perpustakaan tidak akan bisa seperti layaknya pustakawan sejati.

2. Dasar-dasar Organisasi Informasi (DOI)
Kalau PIPI saya sebut sebagai mata kuliah paling susah, bagi saya walaupun mata kuliah ini sama-sama susah, tetapi ini mata kuliah yang paling menegangkan. Karena dalam soal penilaian Ibu yang satu ini sangat jeli sekali. Siapapun yang ikut mata kuliah ini dan mengikutinya dengan baik pasti akan menjadi pintar. Karena saya jamin memang nggak ada ruginya belajar sama Ibu Irma karena memang dosen yang ini akan mengajarkan kita bukan dari keilmuan saja, termasuk kedisiplinan kita dan sikap kita selama berada di kelas. Tapi sayang sekali ketika membaca about me pada blog beliau sepertnya beliau sudah pensiun tapi tetap mengikuti perkembangan dunia perpustakaan. Mungkin di tahun 2010 ini untuk pengajar mata kuliah ini akan diisi oleh dosen yang tidak kalah OK dengan ibu Irma.

3. Administrasi Lembaga Informasi (ALI)
Mata kuliah yang satu ini sangat menarik. Kalau 2 mata kuliah diatas lebih cenderung seperti sekolah pada umumnya. Di mata kuliah ini kita akan lebih aktif berkelompok, presentasi dan membuat laporan hingga tugas akhir yang berupa makalah. Yang kita pelajari disini adalah bagaimana mengelola sebuah lembaga informasi. Kita akan belajar seolah-olah menjadi sebuah manager di suatu lembaga informasi yang karena itu kita akan belajar tentang management, mengenal perilaku pekerja, sistem panggajian, hingga ske sistem administrasi yang terkecil sekalipun. Dulu di masa saya, setiap kelompok mendapat tugas untuk meneliti perpustakaan fakultas yang ada di UI. kebetulan ketika itu kelompok kami mendapat tugas di perpustakaan FH (fakultas hukum). Alhamdulillah ternyata banyak sekali yang dapat saya pelajari dari kunjungan ke perpustakaan FH. Saya dan teman-teman bisa berbicara langsung dan mengetahui kondisi dan curhat pustakawan FH.

4. Pengatar Teknologi Perpustakaan dan Informasi (PTPI)
Mentang-mentang ini mata kuliah yang saya tempatkan di urutan terakhir bukan berarti ini mata kuliah paling mudah. Tetapi memang saya sedikit kecewa dengan mata kuliah ini karena nilai yang saya dapatkan kurang sesuai dengan nilai semua ujian mata kuliah ini yang selalu diatas rata-rata kelas. Di mata kuliah ini kita akan belajar mengenai ilmu-ilmu dasar penggunaan komputer mulai dari jaringan dasar, persentasi professional, sejarah komputer dan membuat web dengan HTML. Hanya saja godaan yang terberat dari mata kuliah ini adalah komputer. Karena setiap meja diberi satu komputer yang langsung terhubung dengan internet. Untuk mata kuliah ini tidak begitu rumit. Yang penting belajar dengan serius dan banyak latihan praktek di rumah. InsyaAllah nilai ujian akan memuaskan 🙂

Untuk semester pertama, mata kuliah jurusan memang hanya 4. sisanya ada 2 mata kuliah yang bernama MPKT dan MPK seni atau olahraga (tergantung pilihan), untuk MPKT usahakan selalu datang terus menerus karena bobotnya 6 SKS (Sungguh terlalu). Semester pertama jauh lebih gampang untuk mendapatkan nilai, makanya jangan terlalu santai juga karena semester pertama adalah ladang kita untuk mencari IPK tinggi 🙂

Advertisements

6 thoughts on “Kuliah Semester Pertama di Jurusan Ilmu Perpustakaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s