Kurangnya Pustakawan Sukabumi

Prospek pekerjaan pustakawan di kota ini sangat baik sekali karena sangat langka ditemukan sarjana pustakawan di kota ini. Hari Sabtu dan Minggu (26-27 Juli 2010) saya menamani alias menyupiri orang tua ke Sukabumi dalam rangka reuni SMASA angkatan 82. Mama saya dulu bersekolah disana pada masa SMA. Gara-gara Facebook, alumni SMANSA Sukabumi akhirnya merencanakan reuni di Hotel Sala Bintana.

Disela-sela reuni yang super heboh itu, biasa dong kalau anak-anak ditanya-tanyain sama temen-temen SMA mama saya. Nah, ada seorang ibu yang bekerja di Depdiknas mengajak gua ngobrol karena dia tahu kalau gua mahasiswa ilmu perpustakaan UI. Kami membahas tentang perpustakaan di Sukabumi dan prospeknya di kota itu.

Ternyata di Sukabumi sedang kekurangan tenaga pustakawan. Tahun kemarin ketika seleksi CPNS dibutuhkan minimal 5 orang sarjana perpustakaan di Sukabumi. Namun hanya satu orang sarjana perpustakaan yang mendaftar dan langsung diterima tanpa melihat hasil tes terlebih dahulu. Sisanya terpaksa mengambil sarjana dari bidang ilmu lain yang dipilih berdasarkan hasil tes yang baik.

CPNS yang diterima dari hasil tes CPNS akan menjadi CPNS golongan IIIA dan dengan gaji sebesar Rp. 1.8 Juta dan pada 6 bulan berikutnya akan diangkat dari CPNS menjadi PNS. tapi tenang saja, kata ibu itu sarjana pustakawan adalah salah satu PNS yang paling dimanja oleh depdiknas. Maklum mengingat dikitnya jumlah sarjana perpustakaan. Menjadi PNS juga membuka kesempatan untuk belajar lagi untuk gelar S2 di dalam negeri maupun di luar negeri dengan biaya dari pemerintah. Jadi dengan menjadi PNS kita juga bisa meningkatkan kemampuan akademik kita.

Pesan dari ibu tersebut nanti ketika tahun ini dibuka tes CPNS diharapkan ada banyak sarjana pustakawan yang mendaftar di Sukabumi sehingga Perustakaan sukabumi mendapat tenaga yang profesional dalam bidangnya

Advertisements

3 thoughts on “Kurangnya Pustakawan Sukabumi

  1. Pingback: Pustakawan PNS Dapat Tunjangan Kelangkaan Profesi Loh!! « Blognya Ilmu Perpustakaan

  2. Yula Ikah

    that’t great artikel boy…
    ju2r ja nie,q lg bingung bgt buat bantu adek semata wayang buat nentuin kuliah,fakultas yg memang pny prospek bgz buat masa depan dia.maklum dr klurga yg memang kurang faham dlm mengerti dunia pendidikan.
    kbtuln jg 2hr yg llu dpt info dr tmn kl pustakawan mempunyai prospek yg bgz buat kdepanny.krn di lht dr kurangny minat anak muda sekarang.
    bisa jg krn minat baca anak indonesia yg sgt kurang.dan bisa jg kurang cintany pemerintah terhadap ksejahteraan para pustakawan.makany tuk jadi pustakawan tdk begitu mengena dlm hati anak bangsa.
    semoga ja dg bnykny pustakawan,bnyk jg minat baca dr ank bangsa…
    Amiin.
    sLm Knal buat Hanif
    sll Jd Inspirasi buat org2 dg ukiran penamu.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s