Mencari Inspirasi

Disela-sela kesibukan minggu yang cukup padat ini gua mendapatkan sebuah inspirasi untuk menulis tentang “mencari inspirasi”. Tulisan ini terinspirasi dari seorang teman yang bercerita kenapa dia males ngeblog atau menulis salah satunya karena dia susah banget menemukan inspirasi untuk menulis apa yang harus dia tulis? Gue sendiri bukan penulis handal apalagi ternama (pengennya). Tapi karena keinginan tinggi dan motivasi untuk berbagi apa yang gua tau dan apa yang ingin gua sampaikan rasanya tangan ini gatal ingin sekali menulis setiap saat ketika inspirasi muncul.

Saya bukan pencari inspirasi, tetapi inspirasi menurut gue itu lahir dar hal-hal kecil yang biasa gua temui di kehidupan saya. Nah, disini saya ingin mencoba berbagi kapan saja dimana saya mendapat inspirasi untuk bekerja, berpikir dan menulis :

1. Saat di perjalanan
Dari sejak kecil hidup saya banyak dihabiskan di perjalanan. Saat di bis, mobil atau motor saya sering kali melihat sekitar, tidak terlalu fokus pada jalanan. Disaat itu banyak banget kita bisa menemukan inspirasi-inspirasi yang tiba-tiba muncul di tengah jalan. Ini sering banget loh! tapi sayangnya ketika di perjalanan inspirasi yang didapat tadi suka kelupaan buat diimplementasikan ketika sampai di rumah.

2. Internet
Kalau di-internet banyak banget sumber inspirasi yang bisa kita temuin dan udah terlalu umum. Tapi ingat jangan inspirasi kita cenderung plagiat dari informasi yang ada di internet.Kalau saya biasanya mendapat banyak inspirasi di forum-forum, blog dan website seperti http://www.odee.com dan browsing youtube

3.  Seminar
Seminar atau pelatihan pasti akan membawa kita kepada suatu pemikiran baru. Saya sendiri memulai blog ini gara-gara mengikuti pelatihan soft skill training BEM FIB tentang penulisan. Memang ternyata kalau inspirasi itu nggak kita implementasikan minimal dalam bentuk tulisan rasanya hampir tidak ada gunannya. Makanya itu rajin-rajinlah ikut ke seminar. Tidak perlu seminar yang kita suka saja, termasuk seminar yang aneh-aneh juga seringkali memberikan inspirasi. siapa tahu kita beruntung bisa mendapat inspirasi baru, terutama yang gratis dan dapat snack… hehehe

4.  Bilik Termenung
Tau nggak apa itu bilik termenung? kata ini berasal dari kata malaysia yang artinya kamar mandi! :D. Emang bener sih kalau gue lagi di WC duduk atau jongkok pasti termenung dan menghasilkan suatu ide. Fisikawan agung Archimedes juga menemukan teorinya di saat ia sedang berendam termenung di kamar mandi… hahaha

5. Buku!
Well, this is the most important thing to get some inspiration! saya nggak begitu sering mendapatkan inspirasi dari buku Tapi inspirasi dari buku selalu menghadirkan inspirasi yang benar-benar luar biasa. Apalagi jika buku yang dibaca adalah buku yang sangat berbobot akan sangat positif dampaknya kepada perilaku dan tindakan kita. Karena sebab itu saya lebih senang membaca buku yang berisi tentang menagement diri dan motivasi dibanding novel.

6. TV
Kalau di postingan sebelumnya saya berkata bahwa TV adalah mind control yang luar biasa berbahanya bagi kita. Di sisi positifnya saya sendiri sering mendapat banyak inspirasi darinya. terutama dari iklan! ya Iklan! saya suka sekali melihat iklan-iklan yang lucu, keren dan kreatif. Apalagi ketika diminta membuat yel-yel saat ikut outbond pasti yang menjadi inspirasi pertama ialah iklan-iklan di TV. Tori Tori Tori!!!!! hahaha….

7. Mengobrol
Kalau ketemu temen yang sejawat pasti kita bisa betah ngbrol ngalor ngidul seharian ketawa ketiwi nggak jelas. tapi kalau kita mengobrol dengan manusia lain yang tidak umum pasti bisa menjadi inspirasi buat kita. Contoh nih ya, hari ini (24/Juni/2010) waktu nganterin mama ke Blok A mencari kelapa muda saya mengobrol sama ibu-ibu penjual kelapa. Hebatnya walaupun ia hanya menjual kelapa seharga Rp 4.000 per buahnya di pasar yang kotor, anaknya bisa sekolah tinggi hingga S2. Pada saat SMA ia bercerita anaknya selalu ranking 1. Wah, siapa sangka seorang ibu penjual kelapa bisa mempunya anak yang sangat membanggakan? Hal ini tentunya menjadi salah satu sumber inspirasi buat saya. Di waktu yang terduga karena beramah tamah ddengan orang yang tidak umum bisa mendatangkan inspirasi yang sangat luar biasa dalam hidup kita.

Sebetulnya masih banyak lagi yang bisa dijadikan sumber inspirasi buat kita. Kalau orang bilang jika ia sedang mumet dan butuh ketenangan untuk mencari inspirasi, justru sebaiknya menurut saya bergeraklah! pergi ke tempat ramai, cari teman baru, kegiatan baru dan baca buku-buku baru yang aneh-aneh. Disitu kita bisa mendapat inspirasi-inspirasi yang tidak pernah kita duga sebelumnya. Tidak usah berfikir kita harus menjadi inspirasi untuk orang lain, tapi carilah inspirasi dari orang lain untuk membangun diri kita lebih menginspirasi dari orang yang menginspirasi anda!

Terimakasih buat seorang teman yang telah memberi saya inspirasi untuk menulis tentang mencari inspirasi… ahaha

Leave a Reply

