Lukisan Karya Johannes Rach

Lukisan juga merupakan salah satu bahan Pustaka. Jadi nggak ada salahnya kan di web ini kita ngebahas tentang Lukisan?

Johannes Rach adalah pelukis dari Denmark yang senang melukis pemandangan Indonesia. Ia berkarir bukan sebagai pelukis, tapi ia pernah belajar melukis dibawah pengajaran pelukis kerajaan Denmark. Ia datang ke Indonesia pada tahun 1762 sebagai prajurit penembak VOC. Namun dbalik pekerjaannya sebagai penembak ia tetap melakukan hobby melukisnya. Karena kemampuan melukisnya yang sangat baik maka ketika ia bekerja sebagai penembak karirnya berpindah haluan dan menanjak sebagai pelukis topografi. banyak sekali rancang bangunan pada zaman itu yang dilukisnya berdasaran permintaan VOC.

Sekarang ia dikenal sebagai penulis panorama Indonesia. Bahkan ia meninggal di Indonesia pada tahun 1783 di Batavia tepatnya. Kini lukisan beliau disimpan di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan musium Rijks Amsterdam. Namun pemilik terbanyak dari karya Rach berada di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, yaitu sebanyak 202 buah lukisan. Namun yang terdapat pada entri katalog hanya 164 lukisan saja yang dapat dilihat. Kalau kita ingin melihatnya bisa datang ke Perpustakaan Nasional RI di Salemba

Penasaran kan sama gambarnya? nih liat aja!

Rumah Gubernur Jendral de Klerk

Rumah Gubernur Jendral de Klerk

"Gedung Buitenzorg"

"Gedung Buitenzorg"

Galangan Kapal VOC

Galangan Kapal VOC

Batavia Town Hall

Batavia Town Hall

Familiar dengan pemandangan ini? ini karena gedung yang tepat di berapa di depan itu adalah musium fatahilah yang sekarang masih bediri tegak di tempat wisata yang bernama kota tua.

Pelabuhan SUnda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa

Jangan berharap lukisan-lukisan Johannes Rach adalah lukisan yang berwarna, karena pada abad ke 17 di Indonesia masih belum ada cat lukis dan media kanvasnya, Lukisan-lukisan ini dibuat dengan menggunakan media kertas biasa, karena umur maka kertas tersebut menguning.

Nah, dari gambar ini kita bisa melihat potret Indonesia pada abad ke-17. Bagi yang ingin lihat secara langsung silahkan datang ke Perpustakaan Nasional RI.  Nggak nyangka kan kalau perpustakaan juga menyimpan barang barang seperti ini? Ini juga menandakan perpustakaan itu adalah pintu bagi semua cabang ilmu pengetahuan :).

Advertisements

One thought on “Lukisan Karya Johannes Rach

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s